NEWS

Persiapan G20, Gubernur Ali Mazi Intruksikan Anjungan Sultra di TMII Segera Dikerjakan

1093
×

Persiapan G20, Gubernur Ali Mazi Intruksikan Anjungan Sultra di TMII Segera Dikerjakan

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sultra, H. Ali Mazi (Foto: Istimewa)

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi berkunjung ke Anjungan Sulawesi Tenggara (Sultra) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Sabtu, 30 Juli 2022.

Orang Nomor Satu di Bumi Anoa ini, meninjau langsung kondisi Anjungan Sultra dan memberikan arahan penataan renovasi tersebut.

Gubernur mengungkapkan, kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari imbauan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Kementerian Sekretaris Negara Republik (Kemensetneg) Republik Indonesia, untuk mempersiapkan anjungan Sultra menghadapi G20 nanti.

Baca Juga : Rayakan HUT, PIVERI Sultra Silaturahmi ke Rumah Anggota Istri Veteran

“Hari ini saya melakukan kunjungan sesuai dengan imbauan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Sekretaris Negara RI. Sehubungan dengan adanya kegiatan G20,” ungkapnya melalui keterangan tertulisnya.

Sebelum melakukan kunjungan tersebut, Gubernur Ali Mazi telah menginstruksikan pada dinas terkait yakni Dinas Cipta Karya, Bina Kontruksi dan Tata Ruang serta Dinas Pariwisata Sultra untuk melakukan peninjauan awal dan melakukan koordinasi terkait rehabilitasi dan kesiapan Anjungan Sultra yang bernilai sejarah untuk menghadapi G20.

“Oleh karena itu, di kesempatan ini saya untuk dapat melihat kondisi taman, bangunan-bangunan yang sudah ada apa saja yang harus diganti sesuai petunjuk dari Kementerian Sekretaris Negara Republik Indonesia dan Menteri Dalam Negeri. Petunjuk itulah yang kita ikuti sehingga Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Pariwisata Sultra sudah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dalam rangka rehabilitasi bangunan-bangunan bersejarah ini,” cetus Ali Mazi.

Lebih lanjut, Gubernur Sultra ini mengemukakan tentang konsep rehab yang dilakukan agar tetap mengacu pada keaslian yang nantinya menjadi simbol dan dapat merepresentasikan Sultra.

Baca Juga : Dosen dan Mahasiswa Hukum UHO Gelar Penyuluhan Pendaftaran Tanah Masyarakat di Desa Konda Satu

“Ini harus direnovasi atau direhabilitasi. Dikembalikan sesuai dengan aslinya. Oleh karena itu saya selaku Gubernur Sultra datang memastikan yang mana saja yang kita harus rehabilitasi. Karena ini adalah simbol Sulawesi Tenggara,” tekannya.

Selanjutnya Gubernur Ali Mazi menyatakan progres pengerjaan Anjungan Sultra di Taman Mini Indonesia Indah seperti yang telah direncanakan dan pengerjaan keseluruhannya akan dimulai dari tanggal 1 Agustus 2022. Di samping itu, Gubernur Ali Mazi mengintruksikan agar tetap mengikuti teknis pengerjaan sehingga dapat menyesuaikan dengan limit yang ada di sekitar lokasi Taman Mini Indonesia Indah.

“Semoga besok, tanggal 1 Agustus 2022, sudah mulai kerjakan. Kita harus ikuti mekanisme sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku. Walaupun ini sifatnya darurat. Karena harus segera, kita harus laksanakan sesuai dengan jadwal yang ada di sekitar Taman Mini ini.” tutupnya.

Reporter: Sardin D.

You cannot copy content of this page