NEWS

Pesantren Ramadan SMAN 3 Kendari, Bimbing Membaca Al-Quran Jadi Fokus Utama

604
×

Pesantren Ramadan SMAN 3 Kendari, Bimbing Membaca Al-Quran Jadi Fokus Utama

Sebarkan artikel ini
Pemberian Materi Hari Pertama Pesantren Ramadan SMAN 3 Kendari

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM–SMAN 3 Kendari menggelar Pesantren Ramadan (Kilat) dengan menitikberatkan pada membaca Al-Quran.

“Banyak yang diajarkan dalam kegiatan ini, seperti meneladani Rasulullah, praktek ibadah rutin, sejarah islam, dan yang utama adalah menyempurnakan bacaan Al-Quran” Kata Kepala Sekolah SMAN 3 Kendari, Muh Akil.

Dalam kegiatan ini, Akil menjelaskan adanya sesi khusus untuk membimbing para siswa membaca Al-Quran baik dari guru atau teman sebayanya.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan survey untuk data siswa/i yang belum mampu membaca Al-Quran melalui guru agama masing-masing.

“Survey secara tersendiri itu tidak, tapi kami ada data siswa yang kurang mampu membaca Alquran dari guru agama masing-masing kelas” ujar Akil.

Baca Juga : Pemkot Kendari Salurkan Bansos Tunai Bagi 1167 KPM

“Yang lancar sekitar 70% baik siswa/i walaupun tajwidnya belum maksimal, kemudian sekitar 25% itu sudah bisa membaca tapi belum lancar, dan 5% nya ini yang belum bisa, dalam artian tau huruf tapi belum bisa menyambung ayat” jelasnya.

Menurutnya, salah satu penyebab hal ini adalah dampak dari Covid-19 yang yang berlangsung lama. Masjid yang dijadikan sebagai tempat belajar membaca Al-Quran, saat pandemi melanda aktivitas masjid pun dihentikan.

“Juga karena WFH, jadi siswa juga sekolah secara online, tidak ada bimbingan khusus dari guru secara langsung” tambahnya.

Dalam kegiatan pesantren ramadan ini, semua guru terlibat dalam hal membimbing siswa/i ataupun memantau kemajuan dalam membaca Al-Quran.

“Mereka juga dibantu oleh teman sebayanya, kami mengatakan tutor sebaya, jadi teman-teman yang lancar membaca Al-Quran membantu temannya yang belum lancar” Ujar Aqil, Rabu (29/3).

Hadirnya Pesantren Ramadan ini, Akil berharap bisa membangkitkan semangat beragama para siswa, menyadari betapa pentingnya mempelajari syariat agama serta mampu membangun akhlak dan karakter yang baik siswa/i SMAN 3 Kendari.

Baca Juga : Personel Brimob Bantu Korban Banjir di Desa Rantelimbong

Di tempat yang sama, Ketua Rohis SMAN 3 Kendari, Sofyan, mengaku antusias untuk pertama kalinya menyambut pesantren ramadan yang digelar di sekolahnya.

“Dari pagi kami sudah siap untuk pembukaan, biasa kami tidak sebanyak itu kalau ada kegiatan, barusan ini pesantren ramadan sebanyak itu” ungkapnya.

Ketua OSIS juga turut berkomentar dengan kegiatan ini, menurutnya dengan adanya pesantren ramadan para siswa bisa meningkatkan ilmu agamanya.

“Bagus ada kegiatan begini, agar kami siswa bisa terus menambah ilmu agama, pas juga momennya dibulan ramadan” tambahnya.

Pesantren Ramadan SMAN 3 Kendari digelar selama 3 hari kedepan, mulai hari ini 29-31 Maret mendatang, yang diikuti sekitar 500 siswa dari kelas X dan XI.

Reporter: Nur Anisah

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page