oleh

PJ Sekda Sultra Terima Peta Laut Dari Asopssurta Danpushidrosal

-NEWS-225 dibaca

KENDARI – Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio mewakili Gubernur Sultra terima peta laut dari Asisten Operasi Survei dan Pemetaan (Asopssurta) Danpushidrosal pada Jumat, 22 Juli 2022.

Peta laut ini diterimanya saat menerima kunjungan langsung Asopssurta Danpushidrosal Laksamana Pertama TNI Dyan Primana Sobaruddin MSc di Kendari, yang didampingi oleh Paban Latkol Pelaut, Priyono Dwi Saputro, Danlanal Kendari, Kolonel Pelaut, Iwan Iskandar, dan Dan Unit Survei, Mayor Laut Pelaut, Amiranto.

Asrun Lio menyampaikan apresiasi dan penghargaan tinggi kepada Pushidrosal. Menurutnya peta laut Sultra yang diberikan ini sangat dibutuhkan pasalnya sebagian wilayah di Sultra adalah kepulauan dengan laut sebagai penghubungnya.

Baca Juga : Resmi Bergulir, Liga Media Kendari Cup I Dibuka Pj Sekda Sultra 

“Peta laut ini sangat berbeda dengan peta darat karena terdapat kekhususan yang harus dituangkan ke dalam gambar. Jika tidak, maka bisa berbahaya terhadap perencanaan pembangunan yang akan dilakukan di wilayah kelautan di Sultra, termasuk juga bisa berbahaya bagi para pelayar kita, mengingat peta ini sebagai petunjuk,” ungkapnya.

Lebih lanjut akademisi asal Bombana Moronene ini mengungkapkan penyerahan peta laut ini merupakan bentuk kerjasama dengan Lanal Kendari yang berkaitan dengan teritorial laut di Sultra.

“Semoga ini terus terjalin guna mendukung tercapainya pembangunan daerah menuju pembangunan nasional yang dilakukan secara bersama-sama,” ungkap Lulusan S3 The Australian National University Canberra ini.

Mantan Kepala Pusat Studi Eropa UHO ini juga menyampaikan rasa terimakasih Pemerintah Provinsi kepada jajaran Angkatan Laut, karena turut mendukung program-program pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah termasuk di wilayah Sultra.

Baca Juga : Asisten III Pemkot Kendari : Media Kendari Cup I Ajang Silahturahmi Jurnalis

“Kegiatan pembangunan yang dilakukan Provinsi Sultra, khususnya berkaitan dengan wilayah kelautan, Pemprov Sultra melalui Bapak Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH, tetap mengutamakan koordinasi dan melibatkan pihak berkompeten, misalnya pembangunan Jalan Kendari-Toronipa mendapatkan bantuan analisa dari pihak Lanal Kendari, termasuk harus mendapatkan izin karena pembangunan jalan tersebut melintasi wilayah pangkalan Lanal Kendari,” jelasnya.

Asrun Lio menambahkan kunjungan ini menjadi salah satu bentuk perhatian pihak Pushidrosal dalam mendukung pembangunan nasional yang juga terlaksana di Sultra. Menurutnya perhatian itu diwujudkan dalam pembangunan infrastruktur data spasial nasional, salah satunya penyajian peta laut.

Ia berharap melalui kolaborasi tersebut, pemerintah bersama Pushidrosal dan berbagai pihak terkait lainnya dapat mewujudkan pembangunan nasional Indonesia menuju poros maritim dunia.

 

Reporter: Dila Aidzin