NEWS

Polda Dan Pemkab Kolut Sosialisasikan Pencegahan Pungli

1387
×

Polda Dan Pemkab Kolut Sosialisasikan Pencegahan Pungli

Sebarkan artikel ini

Kolaka Utara  – Dalam Rangka  pencegahan pungutan liar (Pungll) khususnya di kabupaten Kolaka Utara (Kolut) dan pada umumnya di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Saber Pungli Irwasda Polda Sultra, bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Badan Inspektorat Kolaka Utara  menggelar Sosialisasi Sapu Bersih (Saber) Pencegahan Pungutan Liar (Pungli) bertempat di aula Mesjid Agung kota Lasusua. Rabu, (26/07/2023)

“Pj. Bupati Kolaka Utara, Parinringi dalam Sambutanya mengatakan bahwa, Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi seluruh Aparat Sipil Negara (ASN) serta Kades dan  masyarakat pada umumnya. Dimana Kegiatan yang dilaksanakan dari Badan Inspektorat ini adalah untuk mengajak serta mengingatkan kita bersama  bahwa, tidak ada lagi yang namanya pungli di wilayah kabupaten Kolaka Utara.

“Sosialisasi ini sebagai bentuk pencegahan praktek pungli Khususnya di kabupaten Kolaka Utara,” kata Parinringi.

“Parinringi juga mengungkapkan, Dalam proses pelayanan seluruh masyarakat, baik dari  tingkat kecamatan, dan Desa. Termasuk  Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Utara, dalam proses Pembangunan  yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten dan kota, dalam pelayanan berbagai sektor tidak terdengar lagi pungutan liar,ungkapnya

“Potensi dan ruang terjadinya pungli, ada beberapa sektor di lingkup pemda Kolut, namun saya ingatkan untuk tidak melakukan yang namanya Pungli, tegasnya

Parinringi juga menyebut, Selain Pejabat Bupati Kolaka Utara, Dirinya juga masih menjabat sebagai  Kepala Dinas (Kadis) Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  (DPMPTSP) Provinsi Sulawesi Tenggara, Dimana di lingkup DPMPTSP Provinsi maupun Kabupaten, peluang pungli cukup terbuka lebar, tetapi adanya teknologi dan regulasi yang di buat oleh Negara yakni Online Single Submission (OSS) baik Perizinan besar maupun kecil.

“Semua kegiatan di seluruh instansi terkait Perizinan, akan  terpantau melalui sistem Elektronik yang terintegrasi, Sehingga tidak ada ruang untuk pungli, jelasnya

bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut,  Kapolres Kolaka Utara,  Irwasda Polda Sultra dan Kejaksaan untuk  memberikan Paparan terkait Saber Pungli, serta di isi  Diskusi, serta Tanya jawab.

Turut hadir pada sosialisasi siber pungli selain Pj. Bupati Kolut dan Kapolres adalah ketua DPRD,Sekda,Kajari,Ketua PN,ketua PA,rektor USN,rektor Intens Muhammadyah,ketua satgas siber pungli kolut,kepala OPD,camat dan kades serta lurah se-kolaka utara.

Reporter : Pendi

You cannot copy content of this page