oleh

Ponpes SAW di Baubau Jadi Pesantren Pertama yang Ikuti Vaksinasi

Penulis: Ardilan

BAUBAU – Pondok Pesantren (Ponpes) Syek Abdul Wahid (SAW) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi pesantren pertama yang mengikuti proses vaksinasi Covid-19 yang digelar Polres Baubau bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau, Senin 06 September 2021.

Rupanya kegiatan vaksinasi di lingkungan Ponpes merupakan kegiatan yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia sebagai upaya peningkatan kekebalan tubuh kepada satriawan dan satriwati dalam upaya mencegah penularan virus Corona di Ponpes.

Kepala Ponpes SAW, KH Abdul Rasyid Sabirin mengatakan setelah ditunjuk sebagai pesantren pertama yang diberi suntikan vaksin Covid-19 pihaknya langsung mensosialisasikan hal itu kepada seluruh santri serta orang tua ataupun wali santrinya.

Baca Juga: Polisi Butuhkan Saksi Ahli Ungkap Dugaan Rekayasa Penerbitan Roya di BRI Raha

Hasilnya, ungkap Rasyid, hampir setengah atau tepatnya 40% dari total santri yang ada di Ponpes SAW, orang tua/walinya setuju untuk divaksinasi.

“Santri yang bersedia divaksin hari ini. Kalau yang lain nanti kita jadwalkan. Kami bersyukur pemerintah sudah perhatian terhadap para pelajar di pondok kami,” ucap KH Abdul Rasyid Sabirin usai proses vaksinasi.

Rasyid mengaku sebelum para santri divaksin pihaknya terlebih dahulu menyampaikan kepada santrinya tentang manfaat, kehalalan dan pentingnya vaksinasi Covid-19. Apalagi mobilitas di lingkungan pondok terbilang tinggi.

Ia bilang vaksinasi dapat membantu menekan angka sebaran Covid-19 selain penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, rutin mencuci tangan serta menjaga jarak dalam proses pembelajaran agar tidak menimbulkan kerumunan.

“Walau sebagian masih ragu tapi kedepan semoga mereka sudah yakin karena sudah diberi contoh sama santri yang telah divaksin ini,” ujarnya

Baca Juga: RPJMD dan Rancangan KUA-PPAS Perubahan Tahun 2021 Diparipurnakan

Sementara itu, Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari menambahkan selain Ponpes SAW pihaknya juga akan melaksanakan vaksinasi di Ponpes lainnya yang ada di Kota Baubau.

Ia menyebut, 300 dosis disiapkan oleh Dinkes Baubau dalam pelaksanaan vaksinasi di Ponpes SAW karena warga sekitar pondok juga ikut divaksin.

“Kegiatan vaksin dilingkungan pondok pesantren hari ini adalah langkah awal kita menggelorakan semangat vaksinasi,” tandasnya.

Terkini