NEWS

Prajurit dan PNS Lingkup Korem 143/HO Jalani Tes Urine Dadakan

1238
×

Prajurit dan PNS Lingkup Korem 143/HO Jalani Tes Urine Dadakan

Sebarkan artikel ini
Proses tes urine bagi prajurit dan PNS jajaran

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Kasi Intel Kasrem 143/HO, Kolonel Arh Hary Sassono Utomo memimpin apel pengecekan dan pelaksanaan pemeriksaan sampel urine dalam rangka mengantisipasi penyalahgunaan narkoba bagi aparat negara terkhususnya Prajurit TNI, di Makorem 143/HO guna mendukung Program Pemerintah  dalam rangka mengantisipasi penyalahgunaan narkoba bagi aparat negara terkhususnya Prajurit TNI AD, di Makorem 143/HO.

Plh Kapenrem 143/HO, Lettu Inf Rusmin Ismail dalam rilisnya Kendari mengatakan kegiatan ini merupakan  kegiatan non program guna Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang terdapat dalam Intruksi Presiden (Inpres) nomor 22 tahun 2020 tentang rencana aksi Nasional kegiatan P4GN oleh presiden Joko Widodo.

“Pemeriksaan ini dilakukan setiap 3 bulan sekali tanpa adanya pemberitahuan,  kegiatan proses tes urine  ini dipantau langsung oleh Kasi Intel Kasrem 143/HO,” ucap Rusmin, Senin (24/10/2022).

Menurut Rusmin, tes urin ini di lakukan secara  dadakan tanpa adanya pemberitahuan kepada anggota, dalam kegiatan P3NG juga di laksanakan  pengecekan HP setiap anggota dalam rangka mencegah pengaruh Judi Online di kalangan Prajurit Korem 143/HO yang dilaksanakan di makorem 143/HO dengan melibatkan personil  Makorem 143/HO, Yonif 725/Woroagi, Disjan dan Balak Korem 143/HO.

Baca Juga : Disnaker Baubau Mencoba Tingkatkan Produktivitas Pelaku UMKM

Namun untuk tes urine saat ini di tunjuk secara acak dan tanpa adanya pemberitahuan kepada Prajurit dan PNS jajaran korem 143/HO serta  diberikan pemahaman terhadap bahayanya penyalahgunaan narkoba.

Kasi Intel Kasrem 143/HO menegaskan, bahwa apabila dalam uji sampel urine tersebut terdapat anggota yang terbukti positif mengkonsumsi narkoba maka akan langsung ditindak tegas dan diproses sesuai aturan dan  hukum yang berlaku.

“Jadi tes urin ini tidak ada yang kita tutup tutupi, jika  ada anggota yang terbukti  positif menggunakan narkoba maka kami akan tindak tegas sesuai hukum yang berlaku,” ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan bentuk keseriusan TNI Angkatan Darat khususnya Korem 143/HO dalam memberatantas pengedaran dan penyalahgunaan narkoba.

“Sebelum kita mengingatkan kepada masyarakat , maka wajib kepada diri kita sendiri, jangan sampai kita sebagai aparat negara malah kita sendiri yang melakukan penyalahgunaan narkoba. Kita harus mendukung, program pemerintah apalagi ini sudah ada dalam Inpres seperti yang saya sampaikan tadi,” pungkasnya.

Reporter : Muhammad Ismail

You cannot copy content of this page