oleh

Puluhan Ribu Remaja Putri di Sultra Diberikan Tablet Tambah Darah

-NEWS-221 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dalam rangka Kampanye Pemberian Tablet Tambah Darah Bagi Remaja Putri tahun 2022 Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Dicanangkan secara terpusat di SMAN 5 Kendari, Senin (18 juli 2022). Acara yang di helat tersebut dilaksanakan secara serentak di 4 (empat) Kabupaten dan Kota, yakni; Kota Kendari, Kab. Konawe, Kab. Konawe Selatan dan Kab. Kolaka melalui daring via zoom.

Adapun pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) untuk remaja putri kota Kendari berjumlah 21. 669 orang, kolaka 450 orang, Konawe 4.479 orang, dan Konsel 300 orang.

Kampanye tersebut dibuka oleh Penjabat Sekretaris Daerah ( Pj.Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang diwakili asisten III, Sukanto Toding.

Baca Juga : Tiga Pemancing di Kendari Tenggelam Dihantam Ombak, Dua Selamat Satu Masih dalam Pencarian

Sukanto menjelaskan pemerintah mendukung kegiatan ini, karena Kampanye ini sangat penting sebagai upaya ini yang berkualitas dan berdaya saing sesuai arah pembangunan kesehatan 2020-2024, yang tertuang dalam RPJMN dan Renstra Kementerian Kesehatan RI.

“Salah satu masalah kesehatan yang menjadi fokus Pemerintah adalah penanggulangan Anemia pada Remaja Putri, hal ini menjadi masalah kesehatan yang menyebabkan penderitanya mengalami kelelahan, letih dan lesu sehingga akan berdampak pada kreativitas dan produktivitas remaja. Anemia juga meningkatkan kerentanan terhadap penyakit pada saat dewasa serta melahirkan generasi yang bermasalah kesehatan, khususnya masalah gizi” ujarnya Senin 18 Juli 2022.

Selanjutnya, Pemerintah juga melakukan penaggulangan anemia melalui edukasi dan promosi gizi seimbang, fortikasi zat besi pasa bahan makanan serta penerapan hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Saya berharap adanya penguatan komitmen semua stakeholder dalam upaya meningkatkan kepatuhan remaja putri untuk minum tablet tambah darah rutin dan benar sesuai anjuran pemberian yang telah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan,” harapnya.

Baca Juga : Pria di Kendari Pukul IRT hingga Hidung Robek dan Mata Memar 

Sementara itu, Kadis Kesehatan Sultra, dr Putu Agustina mengatakan kampanye pemberian tablet tersebut bertujuan untuk meningkatkan status gizi remaja putri untuk memutus mata rantai terjadinya stunting, menurunkan kasus anemia, dan meningkatkan cadangan zat besi dalam tubuh sebagai bekal mempersiapkan generasi yang sehat berkualitas dan produktif.

Pihaknya, telah menyalurkan persediaan TTD di empat wilayah diantranya Kota Kendari, Kabupaten Kolaka, Konawe dan Konawe Selatan.

Selain itu, sebelum minum tablet secara serentak dilaksanakan, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Rosma Rasyid mengatakan pada penjelasan TTD.

“Pemberian tablet tambah Darah akan dilakukan bagi remaja putri umur 12-18 tahun dengan dosis satu tablet per minggu sepanjang tahun,” pungkasnya.

 

Reporter: Sardin.D