oleh

Puskesmas Tinanggea Deklarasikan Desa Wundumbolo Sebagai Desa Herd Immunity

-NEWS-40 dibaca

KONAWE SELATAN – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Tinanggea, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) mendeklarasikan desa Wundumbolo sebagai desa herd immunity (kekebalan kelompok) vaksinasi covid -19, Rabu 17 November 2021.

Selain deklarasi juga digelar sosialisasi gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di Desa Wundumbolo sebagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 57 Jumat 12 November lalu.

Kepala Puskesmas Tinanggea Ilham Hilal, S.Kep.,M.Kes mengatakan selain mendeklarasikan desa herd immunity vaksinasi covid – 19, pihaknya juga mensosialisasikan germas dengan mengajak warga Wundumbolo untuk giat berolahraga dan mengkonsumsi buah serta sayuran guna terciptanya daya tahan tubuh dalam mewujudkan derajat kesehatan yang lebih baik.

Pramuka

“Desa Wundumbolo adalah desa pertama di kecamatan ini yang mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok dengan 80% masyarakatnya sudah melakukan vaksinasi,” bebernya.

Ilham menjelaskan melalui peringatan HKN yang mengusung tema “Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku’ puskesmas Tinanggea memberikan piagam penghargaan pertama ke Desa Wundumbolo sebagai desa herd immunity. ” Saya berharap desa lainnya dapat mengikutinya,” pinta Ilham.

Ilham menjelaskan hal ini merupakan implementasi dari instruksi Bupati Konsel H Surunuddin untuk terus menggenjot capaian target vaksinasi di Konsel sesuai target sasaran mesti di atas 50 persen.

“Sesuai perintah pimpinan dan anjuran pemerintah, kita kejar target sasaran vaksin hingga capai 50% dalam pekan ini, selain menurunkan level pemberlakuan PPKM juga demi membentuk herd immunity masyarakat kita, sehingga nantinya bisa hidup berdampingan dan menjadikan virus Covid-19 seperti virus flu biasa. Tentunya diperlukan sinergitas semua pihak dan kesadaran masyarakat melaksanakan vaksin,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Wundumbolo Sanusi mengungkapkan capaian herd immunity di desanya tidak terlepas dari peran serta aparatur desa, tim satgas covid-19 TNI/Polri yang terus bersinergi dalam mensosialisasikan protokol kesehatan dan vaksinasi hingga mendapatkan hasil baik seperti saat ini.

” Capaian ini tak lepas dari peran serta dari berbagai pihak, mulai dari perangkat desa, tim satgas Covid-19, TNI/Polri dan lainnya,” pungkasnya

Kegiatan Germas selain senam sehat dilaksanakan juga makan buah bersama serta pemeriksaan kesehatan lainnya oleh para Nakes Puskesmas Tinanggea.

Penulis : Erlin

Terkini