oleh

Ratusan Pelajaran di Kendari Padati Kantor Korem 143 Haluoleo di Pameran Alutsista, Ini yang TNI-AL Pamerkan

-NEWS-598 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-77, Korem 143 Haluoleo Kendari menggelar pameran peralatan operasional atau Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista).

Pameran itu selain dipadati masyarakat juga terlihat ratusan pelajaran yang ada di Kota Kendari, mendatangi kantor Korem 143 Haluoleo Kendari, untuk melihat secara langsung beberapa alat operasional milik TNI yang digunakan saat bertugas.

Salah satu stand dipameran itu, yakni milik TNI Angkatan Laut (AL). Di mana dalam stand tersebut memamerkan beberap alat operasional, seperti senjata, pembaca ranjau laut, alat selam, miniatur kapal, perahu karet sillinger serta seragam TNI-AL

“Di dalam stand pameran ini yang dipamerkan hanya sebagian kecil dari Alutsista Angkatan Laut saja,” ujar Komandan Lanal (Danlanal) Kendari, Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari kepada mediakendari.com Jumat (7/10/2022).

Baca Juga : Pemkot Baubau Libatkan Kemenag Cegah Stunting

Lanjutnya, tujuan dari memamerkan Alutsista yakni untuk memperkenalkan kepada masyarakat agar lebih memahami dan mengenal peralatan TNI yang digunakan dalam bertugas.

“Namanya juga pameran Alutsista yaa, jadi di sini dipamerkan alat utama sistem senjata baik dari Angkatan Darat, Angkatan Laut maupun Angkatan Udara,” katanya.

Sedangkan dari pihak TNI Angkatan Darat terlihat memamerkan mobil perang jenis tank, dan beberapa jenis senjata. Dalam pameran itu terlihat para siswa mencoba beberapa alat operasional milik TNI, serta mengabadikan momen bersama teman-temannya.

Selain itu, TNI Korem 143 Haluoleo Kendari juga menyediakan wahana Rappelling untuk di sediakan kepada masyarakat secara umum agar bisa dicoba dalam menguji adrenalin.

Dari pantauan mediakendari.com di lokasi, pelajar itu dari berasal dari beberapa sekolah, seperti Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kesehatan Mandonga dan Sekolah Yayasan Kartika Cabang XX Hasanuddin dengan didampingi para guru.

Guru pembimbing SMP Kartika Cabang XX Hasanuddin, Indah Ira Susanti Latif mengatakan, kegiatan ini sangat memberi dampak positif khusus bagi para pelajar. Sebab para siswa dengan pameran ini bisa melihat dan mengetahui alat operasional milik TNI di negara Republik Indonesia (RI).

Baca Juga : Kadis Dikbud Baubau Nilai GJI Momentum Menunjukan Kreatifitas

“Dengan diperlihatkannya pameran beberapa alat perang mereka bisa lebih mengetahui bahwa inilah peralatan canggih yang ada di negara kita,” ucapnya.

Lanjut, kata dia, itu juga menambahkan kegiatan itu bisa lebih membuka pemahaman para pelajar bahwa TNI adalah pasukan yang ramah, dekat dan cintai oleh rakyat.

Dalam kesempatan itu, Indah membawa siswa sebanyak kurang lebih ratusan orang, dan rencananya besok akan kembali datang untuk memperkenalkan kepada murid-muridnya, terkait Alutsista milik TNI.

Kegiatan itu, kabarnya akan berlangsung selama 3 hari mulai dari hari ini, 7-9 Oktober 2022 dengan berbagai macam kegiatan yang perlombaan seperti lulo kreasi dan body kontes.

 

Reporter : Muhammad Ismail