oleh

Siap Laksanakan KKIN VIII Regional Wilayah Timur, Kepala BPVP Kendari: Bakal di Ikuti 10 Provinsi

-NEWS-235 dibaca

KENDARI.MEDIAKENDARI.COM – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari siap melaksanakan Kompetisi Keterampilan Instruktur Nasional (KKIN) VIII untuk Wilayah Regional Timur pada 29 Agustus 2022.

Segala persiapan dalam kompetisi tersebut telah diselesaikan untuk memenuhi standar kompetensi dalam bidang lomba Elektronika, Pengelasan, Instalasi Listrik, Pendingin dan Tata Udara, Otomotif Sepeda Motor, Otomotif Kendaraan Ringan, Desain Grafis, Kecantikan, Pelayanan Restoran, Solusi Perangkat Lunak, Tata Busana, Merancang Rekayasa Mekanik CAD.

“Alhamdulillah, segala persiapan untuk pelaksanaan KKIN sudah kita rampungkan dan siap dilaksanakan sesuai jadwalnya,” katanya, Senin 27 Agustus 2022.

Baca Juga : Persiapan Expose Empat Tahun AMAN Masuk Tahap Finalisasi

Ia menyebutkan, pelaksanan KKIN di BPVP Kendari sebagai tuan rumah akan dilaksanakan selama lima hari, sejak 29 hingga 2 Agustus 2022 dengan jumlah peserta lomba sebanyak 110 orang dari wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua.

“Ada 10 provinsi yang ikut sebagai peserta yaitu Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Utara (Sulut), Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Barat (Sulbar), Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Gorontalo,” sebutnya.

Ia menjelaskan, 12 bidang lomba yang diperlombakan akan dinilai kompeten pada aspek teknis dan metodologi oleh dewan juri yang dihadirkan dari pusat, hal itu untuk menjaga independensi dan profesionalisme pada proses penentuan juara.

Baca Juga : Tunggak PBB, Camat Lambuya Soroti SPBU di Desa Amberi, Konawe

“Kami hanya sebagai tuan rumah yang dipercayakan untuk menyelenggarakan kegiatan. Jadi, kami tidak punya kewenangan mengintervensi dan siapapun yang lolos sebagai juara akan kembali berkompetisi di Padang membawakan diri sebagai perwakilan Regional Wilayah Timur bukan asalnya dahulu sebagai perwakilan salah satu provinsi,” jelasnya.

Mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) menambahkan, bahwa kegiatan ini merupakan bagain untuk memberikan motivasi dan kesempatan bagi instruktur dalam berkompetisi secara positif dan konstruktif, sehingga dapat menumbuhkan kebanggaan terhadap profesi dan unit kerjanya.

“Kami berharap kepercayaan yang diberikan kepada kami dapat kami jalankan dengan sukses sesuai harapan dan untuk para instruktur peserta KKIN bisa semakin meningkatkan kompetensi dalam menguasai kejuruan yang ditekuni,” tutupnya.

Reporter: Sardin.D

Facebook : Mediakendari