NEWS

SMAN 1 Kendari Juarai Festival Musikalisasi Puisi se-Sultra

659
×

SMAN 1 Kendari Juarai Festival Musikalisasi Puisi se-Sultra

Sebarkan artikel ini
Ketgam: Peserta Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/Sederajat yang Digelar oleh KBST

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – SMAN 1 Kendari keluar sebagai pemenang Festival Musikalisasi Puisi tingkat SMA/sederajat se-Sulawesi Tenggara (Sultra) yang digelar oleh Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST).

Acara ini diselenggarakan sejak 12-14 Mei 2023, yang juga merupakan acara tahunan yang digelar oleh KBST. Selain itu, Juara ke-2 diraih oleh SMAN 9 Kendari. 2 sekolah ini akan mewakili Sulawesi Tenggara dalam Festival Musikalisasi Puisi Nasional tingkat SMA/Sederajat pada bulan Juni mendatang.

Terdapat sepuluh sekolah yang mengirimkan timnya untuk berpartisipasi dalam festival musikalisasi puisi tahun 2023 ini, yaitu SMAN 1 Kendari, SMAN 4 Kendari, SMAN 9 Kendari, SMA Kartika XX-2 Kendari, SMKN 5 Kendari, MAN 1 Kendari, MA Asy-Syafi’iyah Kendari, SMA Negeri 1 Kolaka, SMA Negeri 1 Pomalaa dan SMA Negeri 2 Baubau.

“Sepuluh tim yang ikut pada kegiatan festival musikalisasi puisi ini merupakan representasi dari semangat para siswa untuk lebih mencintai karya sastra, khususnya karya sastra puisi,” ungkap Kepala KBST, Uniawati, dalam pembukaan babak penyisihan yang dilaksanakan hari Sabtu, 13 Mei 2023, di Aula Kandai KBST.

Dari 10 sekolah, 6 sekolah lolos babak penyisihan dan lanjut ke babak final. Setiap tim membawakan 2 karya musikalisasi puisi yang terdiri atas 1 puisi wajib dan 1 puisi pilihan.

Puisi wajib yang ditetapkan ialah puisi berjudul “Sebuah Kota” karya Ahda Imran, sedangkan puisi pilihan, antara lain, “Aku Terus Berjalan” karya Tjak S. Parlan; “Epitaf di Batas Kota” karya Ibe S. Palogai; “Kota Luka”karya Indrian Koto; “Kota dan Kau” karya Frischa Aswarini; “Kota yang Terkunci dari Dalam” karya Deddy Arsya; “Berilah Aku Kota” karya Subagio Sastrowardoyo; “Pagi Ini Aku Pulang” karya Gody Usnaat; “Di Tepi Kanal” karya Ratna Ayu B.; “Aku dan Debu” M. Taslim Ali; dan “Kota yang Berpurapura” karya Toto. St. Radik.

Babak final festival musikalisasi puisi tahun ini, diadakan di Aula Lotus 1 Plaza Inn Kendari pada tanggal 14 Mei 2023.

Setelah melihat penampilan tim-tim yang masuk di babak final, dewan juri berdiskusi, menetapkan, dan mengumumkan pemenang Festival Musikalisasi Puisi Tingkat SMA/Sederajat Se-Sulawesi Tenggara, yaitu tim SMAN 1 Kendari sebagai terbaik I.

Disusul, SMAN 9 Kendari sebagai terbaik II, SMAN 4 Kendari sebagai terbaik III, SMAN 2 Baubau sebagai juara harapan I, SMAN 1 Pomalaa sebagai juara harapan II, dan SMAN 1 Kolaka sebagai juara harapan III. Seluruh pemenang memperoleh piagam penghargaan dan uang pembinaan dengan total Rp 45 juta.

Reporter: Nur Anisah

You cannot copy content of this page