NEWS

Stok Ikan di Pelelangan Kendari Diprediksi Kurang Saat Puasa 2023

644
×

Stok Ikan di Pelelangan Kendari Diprediksi Kurang Saat Puasa 2023

Sebarkan artikel ini
Kepala UPTD TPI PPI Kendari, Halik

KENDARI,MEDIAKENDARI.COM – Stok ikan di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Pangkalan Pelelangan Ikan (PPI) Kendari diprediksi mengalami kekurangan saat memasuki bulan puasa 2023 mendatang.

“Karena sebagian para nelayan istirahat atau balik ke kampung halamannya di Selatan. Hal itu yang membuat pemasukan ikan akan kurang. Nelayan disini kebanyakan dari Selatan,” ucap Kepala UPTD TPI PPI Kendari, Halik kepada jurnalis Mediakendari.com saat ditemui diruang kerjanya, Kamis 9 Maret 2023

Selain itu, faktor lain kurangnya pasokan ikan di TPI saat memasuki bulan puasa karena bertepatan dengan musim terang bulan sehingga banyak nelayan tidak pergi melaut.

“Walaupun ada beberapa nelayan yang tidak melaut tapi stok disini tetap ada, karena ada nelayan yang dari pulau seperti menui, saponda dan lain sebagainya pemasok tambahan. Jadi kebutuhan ikan disini menjadi aman,”

Ia juga menambahkan bahwa kurangnya pasokan stok ikan di TPI Kendari mempengaruhi juga dengan harga jual ikan yang otomatis naik.

“Jadi harga ikan disini naik seperti ikan putih dari harga Rp 40 ribu perkilo menjadi Rp 50 ribu perkilo, ikan layang Rp 20 ribu perkilo naik menjadi Rp 25 ribu, dan ikan cakalang dengan harga Rp 25 ribu naik menjadi Rp 30 ribu perkilo,” pungkasnya.

Reporter : Hendrik

You cannot copy content of this page