oleh

Sultra Ikuti Jember Fashion Carnaval, Kadispar Sebut Kesempatan Emas Promosikan Daerah

-NEWS-248 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Jember Fashion Carnaval (JFC) akhirnya kembali resmi digelar setelan dua tahun vakum akibat pandemi Covid-19.

Acara yang diikuti oleh peserta dari berbagai belahan dunia ini berlangsung pada Sabu hingga Minggu, 6-7 Agustus 2022, di Alun-alun Jember, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Jember Fashion Carnaval 2022, ada berbagai karnaval yang ditampilkan mulai dari WACI and Pets Carnival, Artwear, World Kids Carnival, hingga Grand Carnival yang menjadi puncak dari Jember Fashion Carnaval 2022.

Khusus Sulawesi Tenggara (Sultra) di JFC kali ini masuk sebagai participant melalui Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI) DPD Sultra dengan membawa rombongan perwakilan 5 Kabupaten yang mengirimkan delegasi carnival yakni Konawe Utara (Konut), Buton Utara (Butur), Buton Tengah (Buteng), Muna Barat (Mubar), Kota Bau Bau serta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra yang diwakili Dinas Pariwisata dan EKonomi Kreatif Sultra.

Pada kesempatan kali ini, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sultra H. Belli membawa Eforia Opu Ta Yi Koo sang pahlawan nasional asal Sulawesi Tenggara melalui kostum Maeta asal Buton.

Baca Juga : Nahkodai MPW Pemuda Pancasila Sultra, Rajiun Tumada Target 20 Ribu Anggota

Kepala Dinas Pariwisata Sultra ini ikut tampil mengikuti barisan peserta JFC dalam barisan AKARI DPD Sultra.

Saat dihubungi via WhatsApp, Belli mengaku jika kehadirannya bersama rombongan di selain sebagai kesempatan emas ajang promosi daerah.

Selain itu, ia juga banyak memberi ilmu dan pengetahuan baru jika ke depan Sultra ingin mendesain kegiatan yang lebih berkelas tentunya.

” Kita datang di Jember, selain mengikuti Jember fashion Carnaval 2022 yang kembali di gelar setelah 2 tahun vakum, selain sebagai salah satu ajang promosi kita juga , disini juga kami belajar dari teman-teman di Jember bagaimana memanage event carnaval berkelas sebesar ini apalagi mereka kelasnya sudah internasional,” ungkapnya, (06/08/22)

“Misalnya, tata panggungnya, lighting, manajemen atraksi kita diskusikan selama ikut kegiatan ini bersama teman teman JFC disini. Harapannya next kita akan buat event carnival yg yang bisa lebih baik dan lebih besar dari yang ada disini tentu kita sudah memiliki pengalaman dan kekuatan data “, sambung Belli.

Mantan Kepala Biro Pembangunan Serda Sultra ini, desain kostum para delegasi Sultra merupakan karya tangan dari desaigner AKARI DPD Sultra dan khusus kostum dari Konawe Utara yang menggambarkan Spirit of Matarombeo yang dirancang khusus oleh Desainer kondang Defrico Audi.

Baca Juga : Aktivitas Bongkar Muat Tambang Pasir di Pelabuhan Kapal Malam Diduga Abaikan Dampak Lingkungan

“Tahun ini untuk pertama kalinya terdapat event bagian dari Jember Fashion Carnaval 2022 yang berlangsung ketika hari sudah gelap atau diselenggarakan pada malam hari,” terang Belli.

Ia juga memberikan sanjungan kepada Gubernur Sultra, Ali Mazi dan para kepala daerah yang telah mengutus delegasinya untuk mengikuti event internasional tersebut.

“Ucapan terimakasih kami kepada bapak gubernur dan semua kepala daerah yang telah merespon acara ini dengan mengutus peserta untuk ikut langsung pada ajang Jember Fashion Carnaval,” tukasnya.

Untuk diketahuiJember Fashion Carnaval (Karnaval Busana Jember) atau sering disebut JFC adalah sebuah even karnaval busana yang setiap tahun digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Karnaval ini digagas oleh Dynand Fariz yang juga pendiri JFC Center.

Special perform dalam rombongan AKARI DPD Sultra di JFC kali ini, hadir pula Arina Rezkyana Arfa ( Putri Indonesia Sultra ) yang turut dalam barisan carnival.

Reporter : Rahmat R.

Terkini