Gubernur Sultra, Ali Mazi (kiri) bersama Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (kanan) Selasa, 3/9/2019. Foto : Ewit Dinas Kominfo Sultra for Mediakendari.com

Proyek Jalan Kendari – Toronipa Dimulai, Kery : Ekonomi Masyarakat Akan Meningkat

Redaksi

UNAAHA – Pelatakan batu pertama yang dilakukan Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, dan Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, Selasa (3/9/2019) di Pantai Toronipa, menandai dimulainya mega proyek pembangunan jalan Kendari – Toronipa.

Gubernur Ali Mazi, menjelaskan, proyek itu sepenuhnya ditanggung oleh Pemrov Sultra. Jalan lintas kabupaten/kota itu bakal dibangun sepanjang 14,6 kilometer dengan luas 27 meter. Pemprov juga butuh dana Rp 1,6 triliun untuk menyeleseikan jalan itu.

Menurut Ali Mazi, pembangunan jalan itu akan dibangun secara bertahap. Tahap pertama dimulai tahun ini, dan diperkirakan rampung tahun 2021.

“Tahap pertama ditahun ini direncanakan selesei 2,1 kilometer, dengan anggaran Rp 144 miliar,” katanya.

Politisi NasDem ini menjelaskan, pembangunan jalan ini merupakan upaya memberdayakan kawasan strategis pariwisata di Sultra. Jika proyek ini berhasil, lanjut Ali Mazi, akan menjadi pilot projek dan kebanggaan masyarakat Sultra.

Sementara itu, Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, mengapresiasi program Pemprov Sultra. Proyek jalan ini, lanjut Kery, akan membawa pertumbuhan positif ekonomi masyarakat setempat. Apalagi, kata dia, Toronipa adalah bagian dari Konawe yang merupakan kawasan pariwisata.

Jika akses jalan dari Kendari – Toronipa berhasil, Kery mengatakan bahwa yang paling diutungkan adalah masyarakat, utamanya ekonomi masyarakat dikawasan wisata.

Selain itu, secara pendapatan daerah, Konawe juga akan mendapat pertumbuhan positif, utamanya sektor pariwisata.

Baca Juga:

Untuk mendukung langkah Pemrpov, Kery mengaku akan membangun dan membenahi fasilitas pendukung lainnya disekitar Pantai Toronipa, hal itu dilakukan untuk lebih menarik wisatawan.

“Kita dukung Pemprov, kita bangun kembali fasilitas penunjang lainnya, jadi Pemprov bangun jalannya, kami bangun fasilitas penunjang pariwisatanya,” jelas Kery.

error: Content is protected !!