NEWS

Tangkal Penyebaran Covid-19, Pemda Buton Bagikan 10 Ribu Masker Gratis Untuk Masyarakat

335
×

Tangkal Penyebaran Covid-19, Pemda Buton Bagikan 10 Ribu Masker Gratis Untuk Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Bupati Buton, Drs La Bakry MSi, bagikan masker gratis ke sejumlah pedagang dan pengunjung pasar di Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Selasa 21 April 2020. Foto: Adhil/mediakendari.com

Reporter: Adhil

BUTON – Pemerintah Kabupaten Buton mulai bagikan 10 ribu masker untuk masyarakat gratis secara bertahap, dimulai hari ini, Selasa 21 April 2020. Masker dibagikan di sejumlah titik keramaian seperti pasar dan tempat umum lainnya.

Bupati Buton, Drs La Bakry mengatakan, pembagian masker ini merupakan bentuk kepedulian Pemda Buton kepada masyarakat dalam upaya mencegah penyebarluasan wabah corona atau covid 19.

“Masker itu akan kita bagikan bertahap, ditahap pertama ini kurang lebih 5.000 masker yang kita bagikan,” kata La Bakry

Sebelumnya, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) La Ode Muharram mengatakan, seluruh masker berbahan dasar kain, yang dibuat langsung oleh penjahit di Kabupaten Buton.

Masker kain sengaja di buat, merujuk intruksi nasional untuk penggunaan masker kain karena dinilai efektif mencegah penularan covid 19.

“Secepatnya kita akan bagikan masker yang sudah kita buat, karena kita tahu bersama stok masker kita sangat terbatas bahkan beberapa penjual masker mengaku mengalami kekosongan stok. Semoga dengan masker yang kita bagikan itu, masyarakat akan selalu menggunakannya saat melakukan aktivitas,” kata La Ode Muharram menambahkan.

Ditempat terpisah, Wakil Bupati Buton Iis Eliyanti juga melakukan edukasi kepada masyarakat tentang mkewajiban menggunakan masker, mencuci tangan usai beraktivitas serta selalu menerapkan instruksi pemerintah untuk menjaga jarak atau sosial distance.

“Kita selalu berharap, Virus Corona tidak sampai ke Buton. Tapi tetap harus selalu waspada, lebih baik kita mencegah sejak dini dari pada harus kita mengobati,” kata Iis Eliyanti.

Pantauan di lapangan, selain Pemda Buton, jajaran Polres Buton, TNI dan sejumlah stakeholder lainnya, ikut serta membantu bagikan masker. Terlihat pedagang, pengunjung pasar hingga masyarakat umum lainnya secara gratis menerima bantuan masker tersebut.

You cannot copy content of this page