Terapi Baca Tulis Alquran Dan Terapi Disabilitas Menjadi Fokus Utama SLB B-F Mandara.

NEWS295 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Sebagai sekolah luar biasa (SLB) dengan akreditasi A, SLB B-F Mandara komitmen untuk meningkatkan layanan pendidikan bagi siswanya yang berkebutuhan khusus.

“SLB pada umumnya sama dengan sekolah-sekolah lain, sama halnya dengan tugas pendidik, dia harus mengajar, mendidik dan melatih, kalau di SLB ada tambahannya satu yaitu memberikan layanan,” ungkap Kepala Sekolah SLB B-F Mandara, Sunanto Wibowo saat ditemui di ruangannya Jumat (20/1/23).

Menurutnya, memberikan layanan adalah tugas utama bagi para pendidik untuk anak didiknya khususnya di SLB, dalam artian anak berkebutuhan khusus perlu penanganan yang tepat sehingga waktu pun yang diberikan lebih ekstra.

Baca Juga : Terima Aspirasi Masyarakat di Jumat Curhat, Polsek Konda Bakal Aktifkan Poskamling di Desa

Banyak kegiatan yang dilakukan para siswa/i di sekolah, seperti kegiatan rutin yang di lakukan setiap hari kamis-sabtu.

“Jadi kalau kamis itu pengembangan olahraga dan seni, kalau jumat ada pembinaan imtaq, dan sabtu pengembangan keterampilan anak, jadi sesuai minat anak ini sukanya buat apa, ntah itu bunga, literasi ataupun melukis” tambahnya.

Sunanto juga mengatakan ditahun ini akan memaksimalkan 2 layanan terapi yaitu Terapi Baca Tulis Alquran dan Terapi Disabilitas, dengan cara memaksimalkan potensi para guru-guru.

“Jadi kita itu sistem otodidak, saling sharing, internet kita gunakan semua sarana yg bisa memberikan pengetahuan khususnya pada anak berkebutuhan khusus, jadi memang kami memberdayakan para guru-guru terlebih dahulu” ungkapnya.

SLB B-F Mandara mempunyai kewirausahaan yang bermacam-macam, dan saat ini tengah fokus pada bidang Tata Busana dan juga Tata Rias. Siswa/i yang berpotensi dibidang ini akan dimaksimalkan sebagai wadah mengasah bakat mereka.

Baca Juga : UKPM Resmi Menjadi Anggota Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia

“Jadi memang kita sudah memproduksi beberapa usaha, sudah beberapa juga yang diperjual belikan, hanya saja marketing kami belum seaktif SLB pada umumnya, salonnya jugaa dioperasikan oleh guru yang bekerjasama dengan siswanya” Jelas Sunanto.

Besar Harapan SLB B-F Mandara atas ketersediaan Sarana Prasarana sekolah yang memadai, sehingga dapat memberi kelancaran bahkan kenyamanan para siswanya dalam mengembangkan bakatnya, serta kedepannya guru-guru yang berlatar belakang PLB bisa mendominasi di SLB khsusunya Kota Kendari.

“Setidaknya anak-anak setelah keluar dari sini bisa menata masa depannya,karena hasil akhir sebenarnya adalah bisa mempunyai keterampilan, mandiri serta bisa berwirausaha” tambahnya.

Reporter: Nur Anisah

Facebook : Mediakendari