HEADLINE NEWSKendariMETRO KOTANEWS

Terminal Puuwatu, Kendari Bakal Berubah Status Jadi Terminal Type A

521
×

Terminal Puuwatu, Kendari Bakal Berubah Status Jadi Terminal Type A

Sebarkan artikel ini
Peta Terminal di Sultra yang sementara dikembangan oleh Dinas Perhubungan Sultra. (Foto : Ist)

Reporter : Rahmat R.

Editor : Taya

KENDARI – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Tenggara (Sultra), Hado Hasina membeberkan, terminal Puuwatu yang saat ini berstatus type B akan dinaikan menjadi terminal type A oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Terminal type B Puuwatu akan segera ditetapkan menjadi terminal type A oleh Menteri Perhubungan,” katanya saat ditemui di DPRD, Senin (17/6/2019).

Hado menyebut, fungsi terminal type A melayani angkutan antar Kota, antar Provinsi sedangkan terminal type B melayani angkutan antar Kota dalam Provinsi.

Terkait, status type A kewenangan ditetapkan oleh menteri sedangkan type B ditetapkan oleh Gubernur.

Selain itu, terminal Puuwatu akan mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintahan Pusat dengan mengucurkan dana APBN untuk pemeliharaan terminal.

“Insya Allah tahun ini terminal Puuwatu akan mendapat dana pemeliharaan dari APBN dan tahun depan 2020 akan terkucur dana APBN antara Rp 30 miliar sampai dengan Rp 40 miliar yang nantinya akan setara dengan pelayanan Bandara,” jelasnya.

Hado juga merincikan terminal type B yang dimiliki bakal dilengkapi prasarana dan rest area Kabupaten/Kota ada di beberapa.

“Antara lain terminal type B di Kabupaten/Kota yang akan dilengkapi dengan prasarana penunjang/rest area pada Kabupaten/Kota tertentu seperti, Baubau, Muna/Muna barat dan Kolaka atau tergantung struktur dan bentuk pelayanan dalam Kabupaten/Kota masing-masing,” terangnya.

Kata dia, khusus Wakatobi terminal type B akan di integrasikan dengan terminal pelabuhan rakyat dan wisata di Numana Kota Wanci.

“Terminal type B yang telah ditetapkan oleh Gubernur Nur Alam antara lain, Lakologou di Baubau, Labuan bajo di Butur, Wasaga di Pasarwajo, Lombe di Buteng, Raha Bangga di Konawe dan Lahimbua di Konut,” tandas mantan Pj Wali Kota Baubau. (a)

You cannot copy content of this page