KONAWE

Tes Swab CTKL, Pemda Konawe Operasikan Mobil Laboratorium PCR Covid-19

441
×

Tes Swab CTKL, Pemda Konawe Operasikan Mobil Laboratorium PCR Covid-19

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara saat menerima penjelasan tentang Mobil Lab PCR, di Kantor Bupati Konawe di Unaaha Foto : IST

Reporter: Hasmar Tombili

UNAAHA – Pemerintah Kabupaten Konawe mulai mengopersikan mobil Laboratorium Polimerase Chain Reaction (PCR) di Badan Layanan Umum Daerah RS Konawe (BLUD RS Konawe). Penggunaan mobil tersebut merupakan implementasi Kerja Sama Operasional (KSO) dengan PT Bio Farma.

Mobil PCR hasil produksi Lentera Healthcare ini merupakan laboratorium mini untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri atau virus, yang akan digunakan untuk mendiagnosis paparan covid 19.

Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara mengatakan, keberadaan mobil Laboratorium PCR akan meningkatkan kinerja Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RS Konawe untuk digunakan sebagai sarana tes untuk Calon Tenaga Kerja Lokal CTKL.

“Mobile PCR ini akan digunakan untuk tes swab CTKL di PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT Obsidian Stainless Steell (OSS),” kata Gusli ditemui usai penyerahan mobil PCR, Jumat 2 Oktober 2020.

Penanggugjawab Laboratorium BLUD RS Konawe, dr Ucy Nadjemiyah, Sp.PK menjelaskan mobile Laboratorium PCR ini akan menangani tes swab CTKL sebnyak 200-300 orang. “Untuk satu sampel, bisa menghabiskan waktu 3-4 jam, hasilnya sudah keluar,” terang dr Ucy.

Dijelaskannya, dalam penggunaan alatnya, pihaknya akan dilatih oleh tim dari Speed Lab selaku penyedia mobil laboratorium PCR tersebut selama satu bulan kedepan. “Secara prinsip dasar pemeriksaan, sudah mengetahui penggunaan alatnya mobil PCR, tapi karena alatnya baru masih membutuhkan bimbingan,” pungkasnya.

You cannot copy content of this page