Tingkatkan Kualitas Masyarakat, ICMI Sultra Dorong Tiga Isu Utama

NEWS360 dibaca

KENDARI – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya meningkatkan kualitas masyarakat dalam membangun perekonomian.

Ketua ICMI Sultra, Prof Dr Ir H Usman Rianse M.S mengatakan, pihaknya mengembangkan kualitas dan kemampuan masyarakat sehingga dapat bersinergi dengan elemen lainnya.

Menurutnya, ICMI menaruh perhatian serius pada tiga isu utama yaitu, pendidikan yang kurang memiliki kompetensi akademik, kurang dari sisi ekonomi, dan kurang juga dari sisi kesehatan.

Baca Juga : Komoditas Madu Lokal Sultra, Manisnya Terasa Sampai ke Afrika

“Jika ini tidak ada sentuhan maka ini akan menjadi beban, tetapi kalau dilakukan sentuhan ini akan menjadi kekuatan negara khususnya masyarakat Sultra,” terang Mantan Rektor UHO ini, di Studio MEKTV, Senin 2 Januari 2023.

ICMI, kata Mantan Ketua Forum Rektor RI ini, terus mempertimbangkan persoalan-persoalan baik itu sosial, ekonomi, dan lain sebagainya.

“Sehingga dapat bermanfaat secara ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat dan tidak meninggalkan dampak negatif pada lingkungan hidup.

“Jadi masyarakat mendapatkan dampak yang positif,” tuturnya.

Baca Juga : Dinas Kominfo Lakukan Evaluasi Untuk Rekap TPP

Dijelaskannya, ICMI akan konsen pada aksi nyata dengan fokus di pedesaan, misalnya, desa yang memiliki potensi pertanian maka yang akan dikembangkan adalah pertaniannya.

Selain itu, pihaknya juga akan melahirkan wisata-wisata pedesaan, misalnya tenun, jadi proses penenungan ini akan menjadi kearifan lokal yang menjadi daya tarik wisata.

“Hal itu juga akan meningkatkan proses produksi dengan keunikan dan keindahan sehingga meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Reporter : Hendrik