oleh

Tingkatkan SDM Masyarakat Konkep, Pimpinan dan Anggota DPRD Konkep Kunker ke BPVP Kendari

-NEWS-129 dibaca

Sembilan Anggota Legislatif (Aleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) lakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari, pada Kamis 24 Februari 2022

Dari Agenda kunjungannya tersebut, bertujuan untuk melakukan konsultasi tentang peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Konkep

Wakil Ketua DPRD Konkep, Irwan mengatakan, kunker di BPVP Kendari merupakan salah satu bagian dalam mengupayakan peningkatan SDM masyarakat Konkep, dimana pihaknya paham betul jika BPVP Kendari merupakan tempat yang tepat untuk menciptakan angkatan kerja kompeten dan berdaya saing tinggi.

“Kenapa saya tahu, karena saya sendiri merupakan alumni BLK Kendari yang namanya masih BLK Kendari waktu itu. Saya angkatan pelatihan pada tahun 1999 hingga 2000 dengan kejuruan kontruksi bangunan dan saya berlatih di BLK Kendari ini selama 6 bulan. Saya bisa sampai pada kondisi seperti ini, berkat ketrampilan yang saya peroleh melalui pelatihan di BLK Kendari 23 tahun silam dan hal itu ingin juga saya wujudkan kepada saudara-saudara masyarakat Konkep,” katanya.

Baca Juga : Ketua LPPD Busel Suarakan Penolakan Penambangan Batu Gamping

Ia menjelaskan, pihaknya melakukan konsultasi sekaligus meminta bantuan BPVP Kendari agar bisa melaksanakan proses pelatihan di Konkep dengan kejuruan otomotif dan bangunan.

Dua kejuruan itu, menurut dia, merupakan kejuruan yang paling diinginkan masyarakat, karena sesuai dengan potensi daerah dan memiliki peluang usaha yang sangat baik. Apalagi, saat ini Kabupaten Konkep merupakan daerah yang masih akan tumbuh berkembang.

“Insya Allah, sesuai hasil konsultasi kami dengan Pak Kepala BPVP Kendari tadi, kemungkinan akan ada dua paket pelatihan bisa dibuka di Konkep dan harapan kami pelatihan itu adalah kejuruan bangunan dan otomotif,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala BPVP Kendari Dr La Ode Haji Polondu mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih atas kunker yang dilakukan Pimpinan dan Anggota DPRD Konkep, termasuk mempercayakan BPVP Kendari sebagai salah satu lembaga yang dapat meningkatkan SDM masyarakat Kabupaten Konawe Kepulauan.

Baca Juga : Ketua LPPD Busel Suarakan Penolakan Penambangan Batu Gamping

“Kepercayaan mereka merupakan spirit bagi kami untuk terus berbuat yang terbaik dalam meningkatkan kompetensi masyarakat Sultra khususnya masyarakat Konkep dan hal itu adalah visi misi BPVP Kendari,” katanya.

Terkait kunker itu sendiri, menurutnya pihaknya akan mengupayakan pelaksanaan dua paket pelatihan Mobile Training Unit (MTU) di sana (Kabupaten Konkep), guna menunjang peningkatan SDM, sekaligus menyiapkan angkatan kerja kompeten dan berdaya saing. Dengan demikian In Syaa Allah saudara-saudara saya generasi muda Kabupaten Konawe Kepulauan akan menjadi tenaga kerja terampil yang dapat menciptakan lapangan kerja dengan berwirausaha mandiri atau diterima di pasar kerja di dunia usaha atau dunia industri baik yang ada di Kabupaten Konkep maupun di luar Kabupaten Konkep.

“Kami sangat berharap dengan pelatihan yang nantinya kita laksanakan di sana, bisa menjadikan masyarakat Konkep lebih kreatif serta inovatif, dan kelak akan menjadi orang-orang hebat, sehingga menjadikan Konkep dan Sultra semakin berkembang dan maju,” tutupnya.

Reporter : Muhammad Ismail