oleh

Titin Nurbaya Kery Konggoasa Ajak Pengurus PKK Olah Kelapa Jadi Minyak Goreng

-NEWS-131 dibaca

KONAWE – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Konawe, Titin Nurbaya Kery Konggoasa, mengajak pengurus TP PKK untuk mengolah kelapa menjadi minyak goreng, guna mengatasi kelangkaan minyak goreng.

“Saya harap kepada TP PKK Kecamatan, Desa dan Kelurahan untuk lebih kreatif. Jangan selalu berharap minyak goreng kemasan. Saatnya kita kembali kearifan lokal. Kita buat sendiri minyak goreng dan itu lebih higienis,” ucap Titin saat menyaksikan langsung pembuatan minyak goreng dari bahan dasar kelapa yang dilakukan oleh TP PKK Kecamatan Kapoiala, Selasa (29/3/22).

Titin mengatakan bahwa salah satu peran PKK adalah membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan kebutuhan pangan khususnya di rumah tangga. Oleh karena itu, kelangkaan minyak ini menjadi tanggung jawab kerja TP PKK.

Baca Juga : KPU Muna Barat Koordinasi PDPB

“Mari kita sama-sama membantu pemerintah dalam mengatasi kelangkaan minyak goreng ini, dengan cara memproduksi sendiri,” ucap Titin yang juga merupakan legislator DPRD Sultra.

Kata Titin, ada beberapa kecamatan yang mempunyai ketersediaan bahan baku yang sangat melimpah dalam pembuatan minyak goreng, sehingga lebih mudah untuk memproduksinya.

“Karena melihat peluang itu, maka saya berinisiatif mengajak seluruh kader PKK di tingkat Desa hingga Kecamatan untuk melakukan pengolahan minyak secara tradisional,” katanya.

Baca Juga : Pria ODGJ di Konawe Selatan Gorok Ibunya sendiri Hingga Tewas 

Ia juga menambahkan bahwa memproduksi minyak goreng secara tradisional itu tidak hanya menjawab kelangkaan minyak goreng di pasaran, tetapi juga bernilai ekonomis.

“Ini juga bisa menambah penghasilan keluarga. Karena minyak goreng dari bahan dasar kelapa ini lebih terjamin mutunya, karena dibuat secara manual, tidak melalui mesin. Harganya juga kompetitif,” pungkasnya.

Reporter : Hendrik Komantobuano