oleh

Wali Kota Baubau Kirim Pakaian Kebesaran Sultan Buton untuk Presiden RI

-NEWS-635 dibaca

BAUBAU – Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Ahmad Monianse mengirimkan baju kebesaran Sultan Buton di masanya untuk Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi).

Monianse mengatakan baju kebesaran Sultan Buton bernama Dolomani yang rencananya akan menjadi salah pakaian yang dipilih oleh Jokowi untuk dikenakan pada saat upacara hari ulang tahun (HUT) RI ke-77  di istana merdeka Jakarta, 17 Agustus 2022.

“Kami telah mengirim baju Dolomani berwarna merah lengkap dengan atributnya ke Istana Negara dan telah diterima oleh Sekretariat Negara(Sesneg),” ungkap Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, Senin 15 Agustus 2022.

Baca Juga : Kisah Ibu Melahirkan dari Wawonii, Lewati Lautan Berkat Sang Penyelamat

Terpisah, salah satu tokoh masyarakat Buton, Abdul Wahid menjelaskan pakaian Dolomani pernah dikenakan oleh Sultan Buton ke – 37 yakni Muhammad Hamidi Kaimuddin atau Oputa Yi Malige.

Wahid menguraikan jubah Dolomani yang dipakai oleh Sultan dilengkapi baju, kotango (Pakaian dalam/rompi), sulepe (ikat pinggang), sarung, ikatan kepala, tongkat dan keris serta bisa menggunakan songkok dengan hiasan.

“Biasanya didepan songkok itu bertuliskan arab yang kalimatnya Maulana atau pemimpin umat,” terangnya.

Sebagai informasi, selain baju Buton, Presiden Jokowi juga dikirimkan baju adat Tolaki. Jokowi akan memilih salah satu pakaian khas asal Sultra itu untuk dikenakan nanti diupacara HUT RI 2022.

Penulis : Ardilan