Kendari

Wali Kota Kendari Ingin Dekranasda Optimalkan Potensi Kerajinan Lokal

378
×

Wali Kota Kendari Ingin Dekranasda Optimalkan Potensi Kerajinan Lokal

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Kendari
Sambutan Walikota Kendari, Sulkarnain Kadir. Foto : Febi Purnasari / Mediakendari.com

Reporter : Febi Purnasari

KENDARI – Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menginginkan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kendari dapat bekerja lebih optimal dalam menggali potensi-potensi kerajinan lokal yang ada di daerah itu.

Hal ini sebagaimana diungkapkan saat menghadiri pelantikan pengurus Dekranasda Kota Kendari sisa masa bhakti 2017-2022 di Rumah Jabatan (Rujab) Walikota Kendari, Jum’at 28 Agustus 2020.

“Saya berharap dengan pengukuhan hari ini kerja-kerja dan peran Dekranas bisa lebih optimal dalam rangka membina, menggali potensi kerajinan yang ada di Kota Kendari yang dimana saya kira sangat banyak, termasuk saya berpesan juga untuk melestarikan budaya lokal yang sebisa mungkin dikembangkan sehingga bisa berkolerasi dengan perkembangan zaman,” ungkap Wali Kota Kendari, Sulkarnain saat menghadiri pelantikan pengurus Dekranasda Kendari sisa masa bhakti 2017-2022 di Rumah Jabatannya, Jum’at 28 Agustus 2020

Ia mengatakan, pelantikan saat ini sebagai penyempurna saja dikarenakan adanya perubahan komposisi kepengurusan.

“Jadi sebenarnya ini bukan baru dilantik, ini disempurnakan saja karena kemarin itu ada perubahan komposisi kepengurusan sehingga ada beberapa yang perlu disesuaikan termasuk dinas-dinasnya kan berubah sehingga perlu disempurnakan,” ujarnya.

Pengambilan Sumpah Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kendari oleh Ketua Dekranasda Kota Kendari, Sry Lestari.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Kendari, Sry Lestari dalam sambutannya, berharap agar pihaknya mampu melahirkan program yang dapat membangkitkan semua potensi kerajinan yang ada di Kota Kendari yang mampu diinventarisasi dengan cara pembinaan dan peningkatan kualitas dengan memperhatikan daya saing produk yang berbasis lokal dengan selera global.

“Banyak yang menaruh harapan besar agar Dekranasda Kota Kendari mampu melakukan berbagai terobosan sekaligus meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pengrajin. Bahkan kalau memungkinkan melakukan proteksi terhadap karya-karya pengrajin dengan terus mensosialisasikan slogan mencintai produk dalam negeri kepada seluruh masyarakat agar produk-produk kerajinan masyarakat tidak menjadi tamu didaerahnya sendiri,” terangnya.

Untuk diketahui, pelantikan pengurus Dekranasda ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) nomor : 01/SK/Dekranas/ I /2020 tentang pengurus Dewan Kerajinan Nasional Kota Kendari Masa Nhakti 2017-2022.

Dalam pelantikan ini turut pula dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Kendari dalam hal ini selaku Dewan Pertimbangan Daerah Kota Kendari, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPBD), Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Kendari, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari serta pengurus Dekranasda Kota Kendari.

You cannot copy content of this page