oleh

1000 Pelaku UMKM di Konawe Diusul Terima BPUM dari Kemendag

-NEWS-162 dibaca

KONAWE,MEDIAKENDARI.COM – Sebanyak 1000 pelaku usaha mikro kecil menegah (UMKM) di Kabupaten Konawe diusulkan menerima Bantuan Permodalan Usaha Mikro (BPUM) dari Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Usulan tersebut menjadi bagian dari pembinaan dan peningkatan terhadap para pelaku usaha mikro kecil menegah (UMKM) di daerah itu agar terus mengembangkan usaha yang digeluti.

Baca Juga : BPS Sultra Kerahkan Ribuan Petugas Dalam Pendataan Regsosek 2022

Pelaku UMKM tersebut diusulkan Pemda Konawe melalui Dinas Perindag dan Koperasi (Disperindagkop) melakukan pengusulan bantuan terhadap pelaku UMKM berbasis BPUM Kemendag.

Kepala Disperindagkop Konawe, Muh. Nur menuturkan, pihaknya mengusulkan 1000 pelaku UMKM Konawe ke Pusat, terkait program Bantuan Permodalan Usaha Mikro (BPUM) dari Kementerian Perdagangan (Kemendag).

”Sampai hari terakhir data yang terinput langsung ke Kemendag sudah mencapai 1000 pelaku usaha mikro diantaranya penjual sayuran dan yang jualan di kios,” ujar Muhammad Nur.

Baca Juga : Dapat Bantuan Kadin, Tabung Oksigen di BLUD RS Konawe Kini Bertambah Jadi Ratusan Unit

Mantan Kepala Dispora Kabupaten Konawe, ini mengatakan setelah mengirim data, pihak Kemendag akan melakukan verifikasi. Selanjutnya, menunggu pencairan dana BPUM, melalui bank yang ditunjuk oleh kementerian.

”Menurut informasinya bantuan tersebut mengalami penurunan, tahun 2021 lalu sekitar Rp2.500.000. Tetapi, tahun 2022 ini hanya sebesar 1.200.000 dan diterima sebanyak dua kali,” pungkasnya.

Penulis : Redaksi

Facebook : Mediakendari