NEWS

11 Mahasiswa Politeknik Karya Persada Muna Jurusan Adminitsrasi Rumah Sakit PKL di RSUD Labuag Baji Sulsel

1660
×

11 Mahasiswa Politeknik Karya Persada Muna Jurusan Adminitsrasi Rumah Sakit PKL di RSUD Labuag Baji Sulsel

Sebarkan artikel ini
11 Mahasiswa D-III Administrasi Rumah Sakit yang PKL di RSUD Labuan Baji Sulsel. (Foto: Ist)

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Sebelas orang mahasiswa jurusan D3 Administrasi Rumah Sakit, Politeknik Karya Persada Muna mengikuti mata kuliah Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Labuang Baji Sulawesi Selatan (Sulsel). Kegiatan ini digelar selama selama 1 bulan sejak tanggal 8 Agustus hingga 4 September 2022 mendatang.

Ketua Program Studi D3 Administrasi Rumah Sakit, Rasniah Sarumi mengatakan, mata kuliah PKL ini merupakan salah satu upaya pelatihan yang diterapkan kepada mahasiswa D3 Administrasi Rumah Sakit yang bertujuan untuk mengaplikasikan teori-teori yang didapatkan pada saat kuliah.

Baca Juga : Anggota DPR RI, Bahtra Diskusi Bersama OJK dan Insan Pers

“Pencapaian kompetensi tersebut dapat dicapai dengan melakukan PKL di Instansi Kesehatan. Kegiatan PKL yang dilakukan oleh mahasiswa, diharapkan dapat menambah wawasan dan keterampilan mahasiswa dalam penerapan ilmu kesehatan yang telah didapatkan dalam bangku kuliah,” katanya via WhatsApp, Selasa (23/08/22).

“Kegiatan PKL ini bertujuan untuk mengaplikasikan kemampuan dalam menentukan data yang mendukung informasi kesehatan sampai dengan menganalisis kesesuaian ketersediaan dan kualitas data terhadap kebutuhan di instansi pelayanan kesehatan, seperti Rumah Sakit,” sambung Rasniah sembari menjelaskan.

Menurutnya, melalui PKL ini diharapkan mahasiswa dapat mencapai semua target capaian kompetensi. Untuk mencapai target capaian kompetensi tersebut, mahasiswa ditempatkan pada beberapa ruangan vital yang ada dirumah sakit seperti ruang administrasi rawat inap, ruang administrasi rawat jalan ruang administrasi IGD, ruangan rekam medik, kasir, ruangan BPJS dan tata usaha. Selain itu, mahasiswa juga mampu mengaplikasikan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit atau SIM-RS melalui aplikasi SISRUTE.

Baca Juga : Pemkot Baubau Gagas Raperda Perlindungan Lahan Pertanian

“Para mahasiswa juga harus mengetahui kegiatan operasional dan pengelolaan dalam kegiatan rumah sakit secara langsung dimulai dari pelayanan yang ada di rumah sakit melalui pelayanan utama dan pelayanan administrasi di bagian tata usaha,” beber Ketua Prodi D3 Administrasi Rumah Sakit ini.

Dengan adanya target capaian tersebut para lulusan nantinya mampu mempersiapkan diri untuk memasuki dunia pekerjaan yang sesungguhnya.

Reporter : Rahmat R.

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page