BUTON SELATANDaerah

117 KK di Desa Lapandewa Busel Terima BLT DD

411
×

117 KK di Desa Lapandewa Busel Terima BLT DD

Sebarkan artikel ini
Kades Lapandewa, Yahya (tengah) saat membagikan BLT DD pada salah seorang warga, yang disaksikan Bhabinkamtibmas Lapandewa, Brigadir Rodi Sugarbin. (Foto:MEDIAKENDARI.com/Basri)

Reporter: Basri

BATAUGA – Pemerintah Desa (Pemdes) Lapandewa Kecamatan Lapandewa Kabupaten Buton Selatan (Busel) Sulawesi Tenggara, telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) kepada 117 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak COVID-19.

Kepala Desa Lapandewa, Yahya, S.Pd mengaku, jumlah penerima BLT itu berdasarkan proses verifikasi data masyarakat penerima manfaat seperti, PKH, BPNT, Prakerja, dan lain sebagainya yang terkumpul dari kurang lebih 600 KK total warga Desa Lapandewa

“Jadi itu lah hasil verifikasi data bersama BPD dan seluruh unsur masyarakat pada Musdesus kemarin,” ungkap Yahya saat dikonfirmasi usai penyaluran BLT DD di gedung serbaguna Lapandewa, Selasa, 12 Mei 2020.

Dikatakan, sesuai aturan setiap KK diberikan senilai Rp 600.000 selama tiga bulan, sehingga dari total 117 KK penerima tersebut untuk tahap I menghabiskan anggaran DD sebesar Rp 70.200.000. Dan bila tidak ada perubahan jumlah penerimah, maka hingga penyaluran tahap ke III, anggaran yang akan digunakan sebesar Rp 210.600.000 dari alokasi 30% pagu anggaran DD.

Namun demikian, pihaknya mengimbau jika ada warga yang terdampak secara ekonomi oleh COVID-19 namun belum terdata sebagai penerima bantuan, serta yakin bukan penerima manfaat seperti program PKH, BNPT, dan lain sebagainya, agar secepatnya melaporkan data diri pada ketua RT maupun Pemdes.

“Sehingga melalui bantuan ini, mereka yang terhimpit ekonominya akibat wabah ini diharapkan bisa tertolong dengan merata,” harapnya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Busel, Amril Abdullah mengungkapkan, walau pihaknya belum sempat merinci jumlah penerima BLT DD se Busel, namun dia mengaku penyaluran BLT DD pada 60 desa di Buton Selatan diketahuinya telah hampir selesai dan berjalan dengan lancar tanpa hambatan dan hampir keseluruhan masyarakat mendapatkan haknya atas bantuan baik dari Pemerintah Pusat hingga Pemdes.

“Laporan tadi pagi sudah ada 24 desa di tujuh kecamatan yang selesai salurkan BLT DD, kemudian belum lagi siang hingga sore ini, karena memang dilakukan serentak setelah launching penyaluran bantuan sembako oleh Bupati H. La Ode Arusani di Kecamatan Lapandewa pada Senin kemarin,” katanya saat dihubungi via telpon.

Lebih lanjut dia pun mengimbau kepada masing-masing pemdes agar proaktif mendata warganya sebagai masyarakat terdampak COVID-19 agar segera memperoleh bantuan.

“Apalagi bantuan dari Sultra Pak Gubernur Ali Mazi telah tiba di Busel kemarin, sehingga nanti disertakan ke desa-desa agar secepatnya juga bisa dibagikan pada masyarakat,” tutupnya. (B)

You cannot copy content of this page