NEWS

Awal Ramadhan, Harga BBM di Sultra Khususnya Pertamax Naik Rp 12.750 Perliter

505
×

Awal Ramadhan, Harga BBM di Sultra Khususnya Pertamax Naik Rp 12.750 Perliter

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi pengisian BBM di SPBU

KENDARI – Memasuki bulan suci Ramadhan Harga bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi Gasoline RON 92 (Pertamax) mengalami kenaikan harga Rp12.750 per liter di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Harga ini diberlakukan sejak 1 April 2022 pukul 00.00 WITA. Di mana sebelumnya harga Pertamax Rp9.200 per liter.

Baca Juga : H-1 Puasa, Pasar Andounohu Macet di Padati Pembeli 

Menanggapi hal tersebut Area Manager Communication, Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali menjelaskan, krisis geopolitik yang terus berkembang sampai saat ini mengakibatkan harga minyak dunia melambung tinggi di atas US$100 per barel. Hal ini pun mendorong harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) per 24 Maret 2022 tercatat US$114,55 per barel atau melonjak hingga lebih dari 56 persen dari periode Desember 2021 yang sebesar US$73,36 per barel.

“Guna menanggulangi kondisi ini, Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga harus tetap menjaga komitmen dalam penyediaan dan penyaluran BBM kepada seluruh masyarakat hingga ke pelosok negeri. Oleh karena itu, penyesuaian harga kali ini dilakukan secara selektif, hanya berlaku untuk BBM nonsubsidi yang dikonsumsi masyarakat sebesar 14 persen dari total jumlah konsumsi secara nasional, setelah sebelumnya Pertamina menyesuaikan harga Pertamax Turbo, Dexlite dan Pertamina Dex yang total konsumsinya hanya 3 persen,” jelasnya.

La Ode juga menjelaskan Pertamina selalu mempertimbangkan daya beli masyarakat, harga Pertamax ini tetap lebih kompetitif di pasar atau dibandingkan harga BBM sejenis dari operator SPBU lainnya. Ini pun baru dilakukan dalam kurun waktu 3 tahun terakhir, sejak 2019.

Baca Juga : Rektor UMK Ungkap Alasan Pembangunan ITBK Muhammadiyah di Mubar 

“Harga itu masih jauh di bawah nilai keekonomiannya. Dengan mempertimbangkan harga minyak pada Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari maka harga keekonomian atau batas atas BBM umum RON 92 April 2022 akan lebih tinggi lagi dari Rp14.526 per liter, bisa jadi sekitar Rp16.000 per liter,” imbuhnya.

“Harga baru masih terjangkau khususnya untuk pemilik kendaraan dengan mesin terkini yang tergolong kategori mampu. Kami juga mengajak masyarakat lebih hemat dengan menggunakan BBM sesuai kebutuhan,” pungkasnya.

Penulis : Sardin.D

You cannot copy content of this page