oleh

Berapa Kali Tertunda, Kini MPP Kota Kendari Mulai Beroperasi

-NEWS-233 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Kendari, yang berada di Balai Kota Kendari, kini sudah mulai beroperasi usai di resmikan tahap awal atau soft Launching oleh Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir pada Selasa, (04/10/22).

Launchingnya MPP ini ditandai dengan tap in dan penandatanganan prasasti oleh walikota Kendari, serta pemotongan pita oleh Ketua TP PKK Kota Kendari, Sri Lestari Sulkarnain.

Sulkarnain mengatakan soft launching tersebut, merupakan langkah yang dilakukan oleh pemerintah kota dalam rangka memaksimalkan pelayanan publik, kepada seluruh masyarakat.

Baca Juga : Disdukcapil Ungkap Hadirnya MPP Membuat Pelayanan Lebih Baik

“Memang sudah sekian kali tertunda, karena kita ingin mengoptimalkannya. Tapi kita launching saja, mudah-mudahan ini menjadi awal yang baik untuk secara bertahap. Terus dibenahi, ditingkatkan layanannya baik dari sisi jumlahnya, maupun kualitas pelayanan,” ujarnya.

Lanjut, kata dia, di MPP ini sekiranya akan ada 32 jenis layanan yang disediakan, mulai dari layanan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Kendari, hingga layanan dari instansi vertikal. Namun dari 32 jenis layanan yang disediakan, di MPP saat ini baru menyediakan 27 layanan yang telah bergabung.

Beberapa OPD yang telah bergabung, diantaranya adalah Dinas Penanaman Modal dan Payanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari.

Selain itu juga terdapat loket pelayanan dari instansi vertikal diantaranya adalah Kementrian Agama, Ombudsman, Badan Pertanahan Nasional (BPN), PLN, PDAM, Kejaksaan Negeri Kendari, BPS, Pengadilan Negeri Kendari, BPOM, Labkesda, BPJS Ketenagakerjaan, Notaris, IAI Arsitek dan lainnya.

Baca Juga : AJI Kendari Edukasi Pekerja Radio Cek Fakta

Sulkarnain mengharapkan, walaupun saat ini belum semua layanan dibuka, namun diharapkan akan terus dilakukan pembenahan dan perbaikan secara bertahap.

“Nanti kalau ada teknologi atau metode pelayanan yang lebih baik itu kita akan siap untuk menyesuaikan.

Bahkan ia menyebut, MPP akan terus disempurnakan baik dari sisi jumlah petugas maupun kualitas layanan termasuk sarana prasarananya.

“Tidak semua layanan sama kapasitasnya, sehingga akan dilakukan penyesuaian tergantung dari frekuensi pelayanan, jika tinggi frekuensi layanannya maka akan ditambah petugasnya,” bebernya.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Kendari Maman Syaputra mengatakan, walaupun MPP Kota Kendari bukan yang pertama di Sultra, pihaknya tetap berkomitmen dan optimis memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang ada di Kota Kendari.

Baca Juga : Lima Tahun Memimpin, Ini Program dan Prestasi Wali Kota Kendari Selama Menjabat

“Keunggulan dari MPP Kota Kendari adalah, masyarakat dapat memperoleh layanan one stop service untuk semua perizinan yang ada di Kota Kendari,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

Menurutnya, dengan banyaknya jenis pelayanan yang diberikan di satu tempat, akan menjadikan pelayanan lebih efisien sehingga dengan mudah dijangkau oleh seluruh masyarakat.

“Ini adalah bentuk komitmen Pemerintah Kota Kendari dalam rangka menghadirkan pelayanan publik kepada masyarakat Kota Kendari,” tutupnya.

Reporter: Dila Aidzin

Facebook : Mediakendari