NEWS

BKKBN Sultra Perkuat Rumah Data

259
×

BKKBN Sultra Perkuat Rumah Data

Sebarkan artikel ini
Tampak kepala BKKBN Sultra, Asmar dalam sambutannya

KENDARI – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar penguatan kapasitas dan kapabilitas pengelolah rumah data kependudukan di kampung keluarga berkualitas tingkat Sultra tahun 2022.

Kepala BKKBN Sultra, Asmar mengatakan kegiatan ini merupakan proyek prioritas nasional karena Rumah Dataku mempunyai peranan penting sebagai basis data untuk perencanaan pembangunan pemerintah Desa.

Baca Juga : Asmar Nilai BKKBN dan IBI Bagaikan Dua Sisi Mata Uang

“Maka guna meningkatkan kemampuan para pengelola Rumah Dataku untuk mengola data, menganalisis dan menyajikan data serta memanfaatkan data untuk pembangunan pemerintah desa dan lintas sektor,” jelasnya di salah satu hotel Kendari, Rabu 11 Mei 2022.

Lanjut Asmar menjelaskan pengembangan Rumah DataKu adalah menyediakan data publik dalam bidang kependudukan di Kampung KB yang valid, terpercaya.

Baca Juga : BKKBN Sultra Bersama IBI Gelar Gebyar Pelayanan KB di Kota Kendari

“Menyediakan data dan analisis kependudukan bagi pemerintah dan lintas sektoral dalam upaya memberikan Intervensi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang tepat sasaran dan tepat guna,” sambung Asmar.

Lebih lanjut Asmar menerangkan Kampung KB ini adalah bentuk atau model miniatur pelaksanaan total Program Bangga Kencana secara utuh yang melibatkan seluruh bidang di lingkungan BKKBN.

“Dan bersinergi dengan kementerian/lembaga, mitra kerja, serta stakeholders instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah, yang dilaksanakan di tingkatan pemerintahan terendah, sesuai prasyarat penentuan lokasi Kampung KB di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia,” sambungnya.

Baca Juga : BKKBN Sultra Sediakan Aplikasi Elsimil untuk Calon Pengantin

Selanjutnya dengan tersedianya data dan indikator pembangunan yang terkini, valid dan terpercaya merupakan kebutuhan penting bagi pelaksanaan Kampung KB ini.

“Dengan tetap mengedepankan sinergi bersama kementerian/lembaga, mitra kerja, serta stakeholders instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah,” pungkasnya.

Penulis : Sardin.D

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page