Kendari

BPS dan Dinas Kominfo Sultra Siap Jalin Kerjasama dengan Aplikasi Syantik

370
×

BPS dan Dinas Kominfo Sultra Siap Jalin Kerjasama dengan Aplikasi Syantik

Sebarkan artikel ini

Redaksi

KENDARI – Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar rapat koordinasi persiapan kerjasama MoU pengintegrasian aplikasi Sistem Informasi Layanan Statistik (Syantik) dengan aplikasi sistem informasi pemerintahan daerah terintegrasi dalam mendukung keterbukaan informasi (SIMDATA BUKA INFO) di Kantor BPS Sultra, Senin 30 Agustus 2021.

SIMDATA BUKA INFO merupakan proyek perubahan yang dirancang oleh Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Sultra, Ridwan Badallah dalam Diklat PIM II diharapkan dapat direalisasikan dan dipakai untuk kebutuhan pendataan satu pintu di lingkup Pemprov Sultra.

Pada Rakor tersebut dihadiri oleh Kepala BPS, Agnes yang didampingi oleh Fatur salah satu penanggungjawab data statistik di BPS Prov. Sultra. Dari pihak DisKominfo Sultra hadir Kepala Dinas, Ridwan Badallah yang didampingi oleh Sekdis Kominfo, Ahmad Yasir serta Kabid Data Center, Andi Asnawati.

Kepala BPS Sultra Agnes mengatakan kedua pihak telah menyepakati dukungan Satu Data Indonesia (SDI) seperti yang telah diamanatkan dalam Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019. Selain itu (SDI) merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan data berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagi pakaikan antara instansi pusat serta daerah yang seluruh data pemerintah dan data instansi lain yang terkait dapat bermuara di Portal SDI.

Baca Juga: Fajar Imsak: Sanksi Hukum Dapat Menjerat Pemprov Sultra

“Tujuan pengintegrasian untuk mendukung keterbukaan informasi publik dan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat dalam mengakses data agar publik memperoleh informasi melalui satu sistem informasi layanan satu data,” ungkap Agnes.

Sementara itu, Kadis Kominfo Sultra Ridwan Badallah menuturkan berkenaan dengan rakor tersebut pihaknya merencanakan akan melaunching satu tersebut pada bulan Oktober atau bulan November 2021 ini.

“Faktor pendukung Simdata Buka Info adalah penguatan infrastruktur, jaringan, aplikasi, dan Sumberdaya manusia” ujarnya.

Ia mengaku pekan depan pihaknya akan melaksanakan sosialisasi aplikasi syantik BPS disusul bimbing teknik (Bimtek) pemanfaatan aplikasi dengan melibatkan 10 organisasi perangkat daerah OPD (OPD) yang telah mengintegrasikan websitenya dengan website Pemprov Sultra yang beralamat https://sultraprov.go.id. (Adm).

You cannot copy content of this page