oleh

Cegah Penyakit, DLH Konawe Salurkan Air Bersih dan Bersihkan Sampah Sisa Banjir

Reporter : Jaspin

Editor : Kang Upi

UNAAHA – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) intens menyalurkan bantuan air bersih untuk warga disejumlah wilayah yang terdampak banjir.

Pramuka

Kepala DLH Konawe Ilham Jaya, ST, MM, mengatakan, pihaknya telah intens menyalurkan air bersih kepada warga sejak terjadinya banjir di beberapa kecamatan di Konawe.

Tidak hanya menyalurkan air bersih, kata Ilham, pembersihan sampah pun juga intens dilakukan dilapangan, baik itu sampah di tempat banjir, maupun di tempat umum.

“Jadi selain air bersih, pembersihan sampah pun intens kami lakukan. Sebab itu juga merupakan bagian dari pencegahan penyakit,” ucap Ilham ditemui dilokasi pengurasan sumur milik warga di Desa Teteona, Rabu (19/6/2019) pagi tadi.

Pembersihan sampah sisa banjir. Foto : Jaspin/Mediakendari.com

Selain itu, pihaknya juga melakukan pengurasan air sumur dibeberapa rumah warga di lokasi banjir yang airnya sudah surut. Kata dia, akibat banjir sumur milik warga banyak yang bau dan kotor.

BACA JUGA :

“Pengurasan sumur juga ini sementara intens juga dilakukan di lapangan. Ada beberapa desa yang banjirnya sudah selesai, sehingga banyak sumur milik warga yang memang membutuhkan untuk dikuras,” katanya.

Ia juga menjelaskan, untuk melayani warga pihaknya mengerahkan seluruh anggota DLH ke apangan, termasuk lima mobil dam truk, serta satu mobil tangki untuk menyalurkan air bersih di lokasi banjir.

“Penyaluran air bersih yang saat ini sementara di butuhkan oleh warga yakni di Kecamatan Wonggeduku dan Pondidaha,” imbuhnya. (A)

Terkini