oleh

Desa Mata Lamokula Juara Satu, Lomba Kuliner dan Cipta Menu Tingkat Kecamatan

MORAMO UTARA – Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) ikut memeriahkan HUT RI Ke 73 dengan meggelar berbagai kegiatan, salah satunya lomba kuliner dan lomba cipta menu pada Kamis (9/8/2018). Kegiatan ini diadakan tingkat Kecamatan Moramo Utara (Morut) yang di ikuti 9 desa dan 1 kelurahan.

Kegiatan yang menyuguhkan menu masakan tradisional dengan berbagai cita rasa itu, dipusatkan di pelataran halaman Rujab Camat Morut, dan bertindak sebagai pemimpin tim juri yakni Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin Dangga, ST.,MM di dampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Hj. Ariati Sjarif, SKM dan juri dari perwakilan SKPD terkait.

“Selain untuk memperingati Kemerdekaan RI, kegiatan hari ini adalah salah satu wujud kepedulian kita pada pelaksanaan dan pengamalan 10 program pokok PKK dan merupakan implementasi salah satu Pokja III PKK serta untuk berbagi informasi dan pengalaman yang bukan hanya menampilkan berbagai macam dan rupa-rupa makanan,” ucap Ketua TP PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin mengawali sambutannya.

Akan tetapi, kata Nurlin, yang lebih penting adalah bagaimana masyarakat bisa memamfaatkan sumber daya kearifan lokal yang bahan makanannya bersumber dari lingkungan kita tentu lebih bersih, sehat, terjamin kadar protein dan lebih higienis.

Di samping itu lanjutnya, melalui kesempatan ini saya selaku Ketua TP PKK menitipkan harapan kepada Ketua TP PKK Kec Morut agar kiranya memamfaatkan waktu dengan rajin turun ke desa-desa memberikan bimbingan kepada pengurus PKK Desa agar program PKK dapat berjalan berkesinambungan dengan terus melaksanakan tugas sebaik-baiknya, karena PKK Desa merupakan ujung tombak keberhasilan pelaksanaan program PKK.

“Sekaligus menyampaikan terima kasih dan penghargaan karena turut berpartisipasi pada Jambore Tingkat Provinsi beberapa waktu lalu, hal ini kita laksanakan karena kerjasama yang terbangun secara harmonis dalam organisasi PKK, dan merupakan wujud keseriusan kita dalam memajukan gerakan PKK di Konsel sehingga kita dapat mewujudkan program Desa Maju Konsel Hebat,” pungkasnya.

Sedangkan dalam arahannya, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten sekaligus Ketua DWP Konsel, Hj Ariaty Sjarif juga menghimbau kepada Ketua PKK Desa agar mempersiapkan diri dan lebih pro aktif dalam membina para kadernya, karena pada September mendatang tim PKK Kabupaten akan turun monitoring dan evaluasi kembali terkait perkembangan dan progres program PKK Desa yang telah dijalankan, utamanya tertib di bidang administrasi.

“Dan diharapkan Ketua TP PKK Kecamatan bisa menjadikan kegiatan ini sebagai motivasi dan bahan evaluasi sehingga kegiatan ini kedepannya bisa lebih baik, serta dapat melihat desa mana yang layak mewakili kecamatannya pada lomba kuliner tingkat kabupaten maupun provinsi yang akan diadakan nanti,” tutur Ariaty.

Untuk di ketahui, pada kesempatan itu Ketua TP-PKK dan Tim Juri lainnya setelah melihat langsung dan mencicipi satu persatu menu yang di perlombakan, dan setelah lakukan perundingan maka pada saat itu juga di umumkan pemenang lomba kuliner dan cipta menu Tingkat Kec Morut tersebut, keluar sebagai Juara Pertama, yakni berasal dari Desa Mata Lamokula, disusul Kelurahan Lalowaru, dan Desa Lamokula duduk diperingkat ketiga.(a)


Reporter : Erlin