NEWS

Gubernur Ali Mazi Harapkan Masyarakat Berperan Aktif dalam Pembangunan Daerah

323
×

Gubernur Ali Mazi Harapkan Masyarakat Berperan Aktif dalam Pembangunan Daerah

Sebarkan artikel ini

KENDARI – Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi, SH., memberi sambutan resmi pada acara Pembukaan Pameran Pembangunan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Naoak Tilas Oputa Yi Koo 2022, di Kota Mara, Baubau, 22 Mei 2022.

Ikut hadir di acaea ini antara lain, Direktur Event Daerah, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Drs. Reza Pahlevi, M.Si., Forkopimda Provinsi Sulawesi Tenggara dan Guru Besar Universitas Indonesian Prof. Dr. Susanto Zuhdi, M.Hum. serta Antropolog Universitas Hasanuddin Dr. Tasrifin Tahara, M.Si. Kedua tokoh ini yang berperan penting dalam pengusulan Oputa Yi Koo sebagai Pahlawan Nasional.

Hadir juga (Pj.) Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D., Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, para Bupati/Walikota, Wakil Bupati/Wakil Walikota, para Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Sultra, Anggota Forkopimda Kota Baubau, tidak lupa para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Pimpinan Instansi Vertikal Wilayah Sultra.

Hadir juga para pimpinan Bank se-Sultra, serta Perguruan Tinggi, pimpinan lembaga/organisasi non pemerintahan wilayah Sultra, para perwakilan dari PT. Antam Tbk, PT. VDNI, PT. Vale Indonesia, Ketua Kadin Sultra dan Ormas se-Sultra.

“Pameran Pembangunan, Pariwisata & Ekonomi Kreatif ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Tenggara kee-58 Tahun 2022, yang pesertanya terdiri dari OPD provinsi, pemerintah kabupaten/kota, instansi vertikal, UMKM, dunia usaha, perusahaan daerah dan Dekranasda, guna memperkuat semangat kolektif, serta gairah dan kebangaan membangun daerah,” sambut Gubernur Ali Mazi.

Baca Juga : Gubernur Ali Mazi Nyekar ke Makam Oputa Yi Koo dan Peringati HUT Sultra ke-58

Tujuan Pameran Pembangunan, Pariwisata & Ekonomi Kreatif, ini adalah untuk, 1) Mensosialisasikan program pembangunan dan menginfromasikan serta memaparkan hasil pembangunan yang telah dicapai oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara; 2) Membangkitkan animo, atensi dan hasrat bagi dunia usaha di Sulawesi Tenggara; 3) Mengenalkan dan mempromosikan beragam potensi pembangunan daerah, pariwisata dan hasil-hasil kegiatan ekonomi kreatif, sekaligus memberikan hiburan dan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk mengembangkan potensi-potensi seni dan budaya di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat mengetahui dan merasakan, sekaligus semakin terdorong untuk lebih aktif berperan dalam proses pembangunan daerah. Sebagaimana telah disampaikan sebelumnya, yakni di tengah pelaksanaan pameran yang akan berlangsung selama tujuh hari, dari tanggal 22 Mei sampai dengan 28 Mei 2022 ini, secara paralel juga dilaksanakan kegiatan Napak Tilas Oputa Yi Koo. Dalam pengertian yang lebih sederhana menapaktilasi adalah menyusuri jejak yang pernah dilalui tokoh pejuang atau para wali pada zaman dahulu.

Sultan Himayatuddin Muhammad Saydi alias Oputa Yi Koo merupakan Sultan Buton sekaligus tokoh pejuang yang konsisten melakukan perlawanan terhadap kekuasaan Kompeni-Belanda hingga akhir hayatnya selama 24 tahun (1752 – 1776), dan telah dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional, melalui Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 120/Tk/2019.

Napak Tilas perjuangan Oputa Yi Koo atau Sultan Himayatuddin Muhammad Saydi, dikemas dalam bentuk event olahraga, lomba kreasi dan revitalisasi budaya, yang kedepan diharapkan dapat masuk dalam rangkaian agenda pariwisata nasional. Event yang menjadi ruh atau semangat inti pada napak tilas kali ini adalah perlombaan berjalan kaki yang bermula dari Lapangan Banabungi ke puncak Gunung Siontapina pada tanggal 24 hingga 26 Mei mendatang.

Baca Juga : Kadis Kominfo Sultra, Pelantikan Bupati di Tiga Daerah Belum Dilakukan Bukan Dibatalkan

Masih dalam atmosfir semangat Hari Kebangkitan Nasional tahun ini dan masih dalam spirit peringatan HUT Sultra ke-58, Pemerintah Daerah Sulawesi Tenggara perlu menyelenggarakan Napak Tilas Oputa Yi Koo, untuk meingingatkan generasi Sulawesi Tenggara khususnya, tentang nilai-nilai perjuangan Oputa Yi Koo, ikut merasakan kesulitan dan penderitaannya, dan lebih dari itu, bagaimana kita menghidupkan lagi dan meneladani spirit/semangat juangnya yang dulu pernah ada untuk menghadapi dan merespon tantangan zaman yang semakin kompleks.

“Semoga dengan mewariskan nilai-nilai perjuangannya, dapat terwujud generasi Sultra yang kuat, cerdas dan tangguh, mampu mengambil bagian esensial dalam pembangunan bangsa dan negara, khususnya di daerah Sulawesi Tenggara tercinta,” tandas Gubernur Ali Mazi.

Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota masih punya tanggung jawab besar untuk meneruskan dan menanakan hakikat heroisme Oputa Yi Koo. Dan untuk itu kita tidak hanya sedang merencanakan monumen bersejarah berupa museum dan patung Sultan Himayatuddin di pantai kota ini, tetapi juga pembuatan film terkaitan heroisme Oputa Yi Koo. Di momentum Hari Pahlawan 10 Noveber nanti, pemerintah provinsi berencana mengadakan Ritual Santiago (ziarah kubur) dan Haroa (syukuran) bersama para Forkompimda, Kepala Daerah Tingkat 2 beserta jajarannya dan juga unsur masyarakat sebagai agenda tahunan dalam rangka memperingati “Hari Pahlawan Nasional” di lingkup daerah Sulawesi Tenggara.

“Saya selaku Pimpinan Daerah Sultra, menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini, sembari berharap semua rangkaiannya berjalan sukses yang insyaa Allah bermanfaat bagi pembangunan masyarakat dan daerah, serta bangsa dan negara,” ujar Gubernur Ali Mazi.

Baca Juga : Inginkan Masyarakat Dapat Minyak Murah, Perum Bulog Kanwil Sultra Distribusikan 9 Ton Minyak Curah

Selanjutnya, dengan disertai ucapan bismillahirrahmannirahim, seraya memohon ridho Allah Subhanahu Wata’ala, Gubernur Ali Mazi resmi membuka Pameran Pembangunan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Napak Tilas Oputa Yi Koo 2022, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-58 Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Selamat berpartisipasi kepada semua peserta Pameran Pembangunan, Pariwisata & Ekonomi Kreatif dan Peserta Napak Tilas Oputa Yi Koo 2022. Saya juga mengucapkan selamat berlomba secara sportif, jujur dan menjunjung nilai-nilai kejuangan Oputa Yi Koo,” ujar Gubernur Ali Mazi membuka acara.

Pemprov Sulawesi Tenggara menggelar Pameran Pembangunan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Acara ini berlangsung di Kotamara, Baubau mukai 22 hingga 28 Mei 2022. Panitia mengatakan, telah mengundang seluruh provinsi untuk ikut berpartisipasi dalam pameran pembangunan ini.

Pameran yang menyiapkan 80 stand untuk menyesuaikan dengan lokasi di Kotamara. Panitia mengundang UMKM, semua kabupaten dan semua OPD se-Sultra. Bebeberapa perusahaan juga menyatakan diri siap bergabung dalam acara, yang siap hadir salah satunya PT. Antam, Tbk.

 

Reporter : Sardin.D

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page