oleh

Hadiri Rakornas Secara Daring, Sukanto Toding Wakili Gubernur Sultra Paparkan Strategi Pembangunan Perpus di Sultra

-NEWS-47 dibaca

KENDARI – Wakili Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Asisten Administrasi Umum (Asisten III) Setda Provinsi Sultra Sukanto Toding, Menghadiri Sekaligus Memaparkan materi pada Kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Perpustakaan Nasional secara daring di ruang rapat hotel Zenith Bau-Bau, Selasa 29 Maret 2022.

“Perpustakaan yang di bangun di Sultra memiliki 7 lantai dengan konsep Inviniting People yakni bagaimna mengundang orang yang hadir diperpustakaan, mengkoordinir kebutuhan masyarakat dengan menyiapkan ruangan dan suasana yang nyaman,” ujarnya.

Pada lantai satu terdapat loker layanan online public access catalog (OPAC) atau layanan penelusuran, layanan keanggotaan, layanan surkulasi, layanan cafetaria, serta zona promosi budaya baca.

Baca Juga : Terpilih Secara Aklamasi, Alvian Taufan Putra Nahkodai Koni Sultra

“lantai Dua terdapat ruang teater, ruang buku cadangan, rumah edukasi narkoba, ruang belajar atau ruang internet, ruang baca anak, ruang baca lansia, dan disabilitas serta lansia,” ucapnya.

Selanjutnya Sukanto, menyebutkan lantai tiga terdapat ruang rapat, ruang seminar dan ruang baca monografi. Lantai empat terdapat ruang publik terbuka, Ruang kolekasi berkala, ruang koleksi referensi, ruang koleksi deposit, ruang server serta ruang pengolahan bahan pustakawan.

Baca Juga : Hadiri Rapat Umum RUPS-PD-BPR Se-Sultra, Gubernur Ali Mazi Harapkan Peningkatan Pelayanan Kredit

“Lantai lima terdapat naskah kuno, ruang konservasi, layanan audio visual executive lounge dan ruang public. Lantai enam khusus perkantoran dan lantai tujuh terdapat ruang fumigasi, ruang baca terbuku serta cafe baca,” bebernya.

“Untuk itu dengan adanya perpustakan internasioanal dan modern yang di bangun di Sulawesi Tenggara diharapkan dapat menjadi pusat informasi daerah berbasis kearifan lokal serta perpustakaan sebagai kegiatan masyarakat,” pungkasnya.

Diketahui dalam kegiatan tersebut Turut hadir Kadis Perpustakaan Prov. Sultra Nur Saleh dan Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten/kota se-Sultra. Pada kesempatan itu Asisten III memaparkan berbagai macam strategi pembangunan perpustakaan di Sulawesi Tenggara.

Penulis : Sardin.D

Terkini