oleh

Hanya Ada 7 di Indonesia, Kadin Sultra Serahkan Bantuan Generator Oksigen ke Pemkot Kendari

-NEWS-333 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terima mesin oksigen generator dari Kamar Dagang dan Industri Nasional (Kadin) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari pada Rabu, (05/09/22).

Generator ini diterima langsung oleh Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain Kadir, yang mengungkapkan rasa terimakasihnya dan apresiasi, kepada Kadin Provinsi Sultra yang telah mempercayakan dan memberikan bantuan kepada Pemkot.

“Ini sangat membantu meringankan, dan ada efisiensi sebesar satu milyar per tahun karena sebelumnya kita anggarkan untuk oksigen itu satu miliar pertahunnya,” ungkapnya.

Baca Juga : Dompet Dhuafa Sultra Bantu Penanganan Stunting di Buton Selatan

Menurutnya, dengan efisiensi ini dapat mengoptimalkan layanan RSUD kota Kendari yang saat ini telah bertipe B.

Sementara itu Ketua Umum Kadin Sultra, Anton Timbang mengatakan, pemberian generator ini dimotivasi oleh adanya pandemi covid-19. Di mana gnerator ini hanya ada 7 di Indonesia, dan salah satunya dimiliki oleh Kota Kendari.

“Ini merupakan buatan negara China. Kita pilih RSUD kota Kendari karena kita melihat keterbutuhan oksigen terbesar di Sultra adalah kota Kendari,” katanya.

Dia menegaskan, Kadin Provinsi Sultra siap membantu apasaja yang dibutuhkan. Anton menambahkan, di kantor kadin Sultra masih terdapat sebanyak 250 tabung, dan rencananya akan dibagikan di rumah sakit pemerintah yang ada di lima kabupaten termasuk Kota Kendari.

Baca Juga : HUT TNI ke 77, Gubernur Sultra Ajak Masyarakat Ikut Menjaga Kedaulatan Negara

“Jadi kurang lebih 50 tabung tiap rumah sakit,” tutupnya.

Sementara itu Direktur RSUD Kota Kendari, Sukirman mengatakan dengan adanya generator ini, RSUD dapat memproduksi oksigen sendiri.

“Ini bis memproduksi 48 tabung perhari dengan 6 kubik per tabung,” tutupnya.

Reporter: Dila Aidzin

Facebook : Mediakendari