oleh

Hasil Tes Kesehetan Balon Kada Diserahkan Kepada Ketua KPU Sultra

-FEATURED, Kendari, POLITIK-105 dibaca

KENDARI – Direktur Utama (Dirut) RS Bahteramas, Yusuf Hamra serahkan hasil tes kesehatan menyeluruh bakal calon gubernur dan wakil gubernur, walikota dan wakil walikota serta bupati dan wakil bupati di Sultra kepada Ketua KPU Sultra, Hidayatullah pada 16 Januari 2018 malam di Aula Husni Kamil Malik KPU Sultra.

Tes kesehatan tersebut mencakup tes Narkoba, tes Jasmani dan tes Psikologi yang dimulai sejak 9 – 14 Januari 2018, dilanjutkan dengan pleno tim dokter pada 15 Januari 2016 hingga penyerahan pada tanggal 16 Januari 2018.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan, hasil pemeriksaanakan akan menjadi bahan untuk memastikan calon memenuhi syarat atau tidak.

“Kalau tidak sehat, pasti sudah ditahu besok karena diganti, kalau sehat semua pasti ditahu juga besok karena tidak diganti,” katanya saat memberikan sambutan.

“Dokumen kesehatan juga akan disatukan dengan dokumen adimistrasi calon dan diserahkan ke LO masing-masing pasangan calon,” tambahnya.

Hidayatullah juga membeberkan, penyerahan hasil tersebut ada 15 pasangan untuk semua bakal calon (balon) kepala daerah (kada) di Sultra.

“Semua calon itu ada 15 pasang atau 30 orang. Cagub dan Cawagub Sultra ada 3 pasang, Kolaka 2 pasang, Konawe 4 calon dan Baubau 6 pasang,” sebutnya.

Sementara itu, Dirut Bahteramas, dr Yusuf Hamra mengungkapkan bahwa dalam pemeriksaan balon kada melibatkan tiga tim.

“Kami libatkan tim medis, BNN dan tim Himpsi atau himpunan profesional psilologi yang masing-masing telah menyerahkan semua hasil pemeriksaan. Semuanya juga tepat waktu, ” ucap dia.

Ia mengaku, dalam pelaksanaan tes tersebut tidak ada hambatan untuk semua tim teknis pemeriksa.

“Alhamndulillah tidak ada hambatan dalam pemeriksaan kesehatan ini, ” terang Yusuf.

Penyerahan hasil tes kesehatan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra, Walikota dan Wakil Walikota Baubau dan Bupati dan Wakil Bupati Konawe serta Kolaka ini disaksikan oleh Bawaslu Sultra.

Reporter: Rahmat R

Terkini