NEWS

Kendari Bergerak, Komunitas Milenial Untuk Bantu Masyarakat Hadapi Pandemi

445
×

Kendari Bergerak, Komunitas Milenial Untuk Bantu Masyarakat Hadapi Pandemi

Sebarkan artikel ini
Komunitas KENDARI BERGERAK saat bertindak sebagai bintang tamu dalam program BISA MEK.TV. Foto: MEDIAKENDARI.com

Reporter: Ferito Julyadi

KENDARI – Masuknya wabah covid-19 meningkatkan kesadaran sosial masyarakat untuk membentuk komunitas peduli sesama. Salah satunya komunitas Kendari Bergerak.

Perwakilan Kendari Bergerak, Faisal Tanjung saat hadir sebagai bintang tamu pada program Bincang Santai (BISA) MEK TV di Kantor MEDIAKENDARI.com, menuturkan, komunitas mereka terbentuk berawal dari hastag yang dibuat salah seorang anggotanya.

“Kendari bergerak bermula dari #kendaribergerak , yang hari ini tidak bisa hadir karena sedang di Bandung. Pembagian donasi untuk masyarakat sudah jalan minggu ke tujuh,” ujar Faisal

Mulai dari hashtag itulah, kata Faisal, dirinya berinisiatif untuk mengembangkan kegiatan sosial dengan membuat komunitas Kendari Bergerak.

Komunitas yang saat ini beranggotakan 31 orang berfokus pada penyaluran bantuan di kota Kendari. Serta mengkampanyekan ajakan melalui hastag #kendaribergerak di media sosial (medsos).

“Saat ini, fokus lokasi kami adalah kota Kendari. Lokasi kegiatan sosial terjauh yang kami tempuh di Kasilampe, yaitu pembagian sembako dan chamber disinfektan,” tambahnya.

Sembako dan bantuan alat medis yang diserahkan untuk masyarakat, dari donasi sukarela para anggota. Seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai tergerak untuk membantu, bahkan di luar Kendari.

Komunitas yang memliki slogan ‘Kendari bergerak, Terus bergerak’ ini, menggandeng Badan Pusat Statistik (BPS) Kendari dalam penyaluran bantuan agar tepat sasaran.

“Sebelum memberikan bantuan, kami terlebih dahulu melakukan survey dan berkoordinasi dengan BPS kota untuk menentukan lokasi,” lanjutnya.

Kegiatan sosial secara rutin dilakukan per empat hari, dan sejauh ini kendala yang mereka hadapi, ialah kurangnya sumber daya manusia (SDM) atau anggota dan minimnya dukungan dari pemerintah.

“Kami juga membutuhkan kolaborasi dengan komunitas millenial yang bergerak di bidang yang sama. Dengan begitu, SDM akan semakin bertambah untuk melakukan kegiatan sosial” tambah salah seorang anggota, Dhea.

Kendari Bergerak membuka donasi bagi siapapun yang ingin berdonasi untuk membantu menghadapi pandemik covid 19 via instagram @kendaribergerak.

Faisal juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh donatur yang selama ini telah mensuport. Sehingga komunitas ini menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam acara ‘BISA’ juga, Kendari Bergerak membagikan masker yang diproduksi kepada teman-teman MEDIAKENDARI.com.

“Kami berharap wabah ini bisa segera berakhir, agar semua kegiatan bisa kembali normal. Semoga kedepannya akan ada kendaribergerak lainnya. Dari pandemik ini kita mendapat pelajaran untuk lebih menjaga pola hidup sehat,” harapnya..

You cannot copy content of this page