NEWS

Lapas Kelas IIA Kendari Tuntaskan Vaksinasi Tahap Kedua Bagi Warga Binaan

507
×

Lapas Kelas IIA Kendari Tuntaskan Vaksinasi Tahap Kedua Bagi Warga Binaan

Sebarkan artikel ini
Tampak suasana pelaksanaan vaksinasi yang di laksanakan di Rutan Kelas IIA Kendari

KENDARI – Pengabdian masyarakat serentak pada Lapas/Rutan di 30 Provinsi se-Indonesia salah satu agenda kegiatan ini dilaksanakan di Rutan Kelas IIA Kendari dengan mengusung tema “Berkolaborasi untuk Mengabdi dengan Hati” Sabtu, 5 Februari 2022.

Berbagai instansi turut terlibat dalam kegiatan ini seperti kolaborasi fakultas Kedokteran KMK UGM, Kemenkumham, Asosiasi RS, TNI/Porli, BKKBN, YHKI, KOSEIDO, dan komponen masyarakat lain.

Kepala Subseksi Pengelolaan Rutan Kendari, La Ode Mustaqim mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini ditengah tantangan resiko yang pihaknya hadapi berkaitan dengan over kapasitas namun masih ada yang tersentuh untuk ikut serta memberikan pelayanan kesehatan pada warga binaan.

Baca Juga : Tim JKW PWI Tiba di Kendari Disambut Ketum PWI Pusat

“Kami sangat berterimakasih civitas akademika universitas Gajah Mada, TNI/POLRI dan BKKBN dan seluruh stakeholder yang terlibat, dengan kegiatan ini khususnya bagi warga binaan kami yang belum melakukan vaksinasi tahap kedua sekarang bisa mengikuti vakninasi ini,” ujarnya pada awak media, Sabtu, 5 Februari 2022.

Mustaqim menambahkan ada juga kegiatan penyuluhan kesehatan ini sangat penting jadi warga binaan bisa menerima edukasi kesehatan gratis.

“Jadi kami tidak perlu lagi mendatangkan orang lain lagi untuk edukasi kesehatan kemudian bisa membackup penyuluhan kesehatan kami, saya kira ini kegiatan yang sangat positif, dan kami berharap kegiatan seperti ini jangan hanya sekali saja tapi bisa teragenda secara rutin sehingga bisa terbangun sinergitas yang baik antara institusi pemerintah maupun swasta dalam upaya kita sama-sama memaksimalkan proses pembinaan dan pelayanan kesehatan pada masyarakat,” tambahnya.

Baca Juga : Tiga Program Unggulan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Kendari

Ia mengatakan,yang ikut vaksinasi kali ini, yang memang belum mengikuti vaksinasi tahap ke dua khususnya warga binaan Lapas Kelas IIA Kendari.

“Jadi setelah vaksinasi ini seluruh penghuni lapas sudah tervaksinasi tahap ke dua, kalau ada yang baru masuk berarti lain lagi. Jumlah yang sudah ikut vaksinasi sudah 60 orang yang sudah tervaksinasi hari ini,” bebernya.

Mustaqim berharap, kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan sekali dan rutin dijadikan agenda serta instansi-instansi lain bisa ikut terlibat dan ini bisa menjadi contoh di instansi lain untuk melakukan kegiatan serupa

“Karena tanggung jawab dari tugas pelayanan warga binaan meskipun tugas pokok kami namun pasti membutuhkan bantuan dan dukungan dari stekholder lain dan ini sangat menentukan proses pembinaan pada warga binaan utamanya pada bagian kesehatan ini,” pungkasnya.

Selain itu dalam kegiatan ini juga melakukan penandatanganan MoU ditingkat pusat, Penandatanganan MoU ini dari TNI/Polri, BKKBN dan Kemenkumham. “Dan kalau pihaknya akan ditindak lanjuti dengan MoU satuan kerja di tingkat wilayah,” pungkasnya.

Penulis : Sardin.D

You cannot copy content of this page