oleh

Lima Tahun Diperjuangkan, Jurusan Ilmu Komunikasi UHO Sukses Raih Akreditasi A

Reporter : Andryan

Editor : Kang Upi

KENDARI – Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Halu Oleo (UHO) sukses meraih akreditasi A, dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), berlaku untuk lima tahun yakni mulai 2019 hingga 2024 mendatang.

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Fisip UHO, Sumadi Dilla menjelaskan, raihan predikat akreditasi A merupakan buah kerja keras dan kerja sama semua pihak, dengan proses dan waktu yang lumayan panjang.

“Kerja sama dan kerja keras mulai dari para petinggi di rektorat, dekan, dosen dan seluruh staff, sehingga bisa mewujudkan hasil berupa kreditasi A,” kata Sumadi Dilla saat ditemui mediakendari.com, di ruang kerjanya, Selasa (2/4/2019).

Sumadi juga menjelaskan, dalam mengejar akreditasi ini, pihaknya bersama tim melakukan pemantapan dokumen hingga tiga bulan lamanya, untuk mematangkan kesiapan dokumen dan berkas yang dibutuhkan dalam penilaian akreditasi.

“Penyusunan dan pengelolaan dokumen ini bagian yang sangat berat, karna dokumen ini berisi bukti eksistensi jurusan Ilmu Kominukasi sejak lima tahun lalu, yang meliputi dokumen lengkap kondisi akademik, kemahasiswaan, administrasi, kerjasama organisasi dengan lembaga eksternal, yang mendukung penilaian secara online,” tambahnya.

Menurutnya, dengan kerja keras tim tersebut, akhirnya bisa terpenuhi tujuh standarisasi akreditasi yang menghasilkan penilaian positif dari Tim Asesor BAN PT, sehingga dinyatakan jika jurusan Ilmu Komunikasi, layak dan patut memperoleh akreditasi A.

“tujuh standarisasi tersebut yakni, visi misi, manejemen internal dan eksternal, SDM, Team Work, kegiatan penelitian dan pengabdian, sosialisasi nasional dan internasional, organisasi,” terangnya.

Terpenuhinya tujuh standar ini, kata Sumadi, juga membuktikan adanya peningkatan yang signifikan di Jurusan Komunikasi, dari segi kualitas dan tatakelola manajemen jurusan, program kerja, serta kualitas alumninya.

Baca Juga :

Hasil akreditasi A ini, Lanjutnya, juga sukses menginspirasi jurusan serta program studi lain di UHO, untuk melakukan persiapan guna mengejar predikat akreditasi dari BAN PT, sebagaimana yang telah diraih jurusan Ilmu Komunikasi.

“Dengan peningkatan akreditasi ini di harapkan untuk para dosen dan mahasiswa di Jurusan Ilmu Komunikasi agar terus meningkatkan kualitas intelektualitasnya,” tutupnya. (A)

Terkini