NEWS

Momentum HUT Kota Kendari, RSUD Akan Gelar Donor Darah Tiga Bulan Sekali

479
×

Momentum HUT Kota Kendari, RSUD Akan Gelar Donor Darah Tiga Bulan Sekali

Sebarkan artikel ini

KENDARI MEDIAKENDARI.COM- Meriahkan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kendari ke 192, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari mengelar donor darah, di Private Care Medical Center (PMCC) RSUD Kota Kendari, pada Rabu (8/02/2023).

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengatakan pihaknya mengapresiasi diadakannya kegiatan ini.

“Kita apresiasi kepada Direktur RSUD Kota Kendari dan jajarannya atas inisiasi penyelenggaraan donor darah,” katanya.

Menurutnya terdapat tiga makna yang bisa didapatkan dalam kegiatan donor darah yakni makna persaudaraan, solidaritas, dan kepedulian.

Baca Juga : Pelestarian Bahasa Moronene Melalui Inventarisasi Kosakata dan Istilah di Kabupaten Bombana.

“Tadi sudah disampaikan oleh pak dokter apasih manfaat dari donor itu baik dari sisi kesehatan maupun dari sisi sosialnya. Donor darah hari ini harapannya memberikan bantuan kepada yang membutuhkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala RSUD Kota Kendari Sukirman mengatakan di momentum peringatan HUT ke 192 Kota Kendari, pihaknya berkomitmen untuk menyelenggarakan donor darah setiap tiga bulan sekali.

“Harapannya ini menjadi budaya, mulai hari ini setiap tiga bulan ke depan kita akan melaksanakan donor darah di RSUD kota. Karena kita tau bersama, kalau kita sakit membutuhkan darah dan Kota Kendari ini masih sering kekurangan stok darah,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan , donor darah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya tentang deteksi dini terkait penyakit yang serius. Dirinya mengandaikan dengan melakukan donor darah penyakit Hepatitis dapat diketahui.

Baca Juga : Harga Rokok Eceran Perbatang di Kendari Mulai Naik Rp 500

“Jadi manfaat pertama itu deteksi dini kita punya penyakit, malaria dan lain sebagainya,” paparnya.

Selain deteksi dini, manfaat lain donor darah adalah mengurangi resiko penyakit jantung koroner dengan mengikuti donor darah secara rutin hal ini telah didukung dengan pembuktian. Selain itu terdapat manfaat lainnya yakni mengurangi berat badan.

“Jadi ibu-ibu yang suka diet tolong donor darah secara rutin, Insya Allah berat badannya turun pak. Karena itu setiap mengeluarkan 250 ml itu mengeluarkan 650 kalori,” tutupnya.

Sebagai informasi, pada kegiatan tersebut Penjabat Wali Kota Kendari, Sekretaris Daerah dan sejumlah pejabat Pemerintah Kota Kendari ikut berpartisipasi.

Reporter: Dila Aidzin

Facebook : Mediakendari

You cannot copy content of this page