oleh

Pasien Covid-19 Asal Wakatobi Dimakamkan di Baubau

Reporter : Adhil

BAUBAU – Seorang ibu rumah tangga insial M (63), asal Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Baubau Kamis kemarin, 05 November 2020. Pasien tersebut meninggal dunia dengan status pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Direktur RSUD Kota Baubau, dr Lukman mengatakan, sebelum dirawat di RSUD Kota Baubau, pasien terlebih dahulu dirawat di rumah sakit di Wakatobi. Namun pasca di lakukan uji rapid, pasien tersebut dinyatakan reaktif hingga akhirnya dirujuk ke Kota Baubau pada Rabu, 04 November 2020 lalu. Selanjutnya berdasarkan hasil tes cepat molekuler (TCM), pasien dinyatakan positif Covid-19.

“Hasil pemeriksaan, pasien mengalami masalah pada paru-paru. Sebelum masuk ke rumah sakit, pasien mengalami sesak nafas disertai batuk. Hasil TCM, dinyatakan positif Covid-19. Baru dua hari dirawat, pasien sudah meninggal dunia,” terang dr Lukman melalui pesan Whatshappnya di konfirmasi Jumat, 06 November 2020.

Sebelumnya, Kepala BPBD Kota Baubau, Muslimin Hibali mengungkapkan, setelah meninggal dunia, tim evakuasi khusus Covid-19 Kota Baubau berupaya memulangkan jenazah pasien ke daerah asalnya di Wakatobi melalui penyebarangan laut di Kecamatan Lasalimu. Namun rencana tersebut dibatalkan setelah ada konfirmasi dari pemerintah Wakatobi jika jenazah pasien ditolak untuk dikembalikan.

Padahal kata Muslimin, pihak keluarga telah berkoordinasi dengan tim gugus tugas Covid-19 di Wakatobi, namun hasilnya tetap ditolak untuk dikebumikan di kampung halamannya.

“Kami juga tidak tau apa alasannya. Padahal kami itu sudah siap untuk antarkan jenazah almarhumah di pelabuhan ferry Kamaru. Karena batal, kami akhirnya memakamkan pasien di lokasi pemakaman khusus Covid-19 Kota Baubau. Pesien itu meninggal sekitar pukul 14.00 Wita dan baru kita kebumikan itu sekitar pukul 20.00 Wita,” terang Muslimin Hibali. (3).

Terkini