oleh

Pekan Kolaborasi UMKM dan Baubau Expo 2022 Buka Acara Inti HUT Kota ke-21 Tahun

-NEWS-461 dibaca

BAUBAU, MEDIAKENDARI.COM – Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 dan hari jadi Baubau ke-481 resmi dibuka melalui kegiatan Pekan Kolaborasi UMKM dan Baubau Expo 2022 di pelataran Kota Mara, Selasa malam (11/10/2022).

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengatakan, mulai malam acara inti HUT Kota Baubau dimulai. Perjalanan 481 tahun Kota Baubau dan 21 tahun sebagai daerah otonom, adalah perjalanan yang cukup panjang dari sebuah daerah. Pasalnya, pemerintah beserta segenap stakeholder dan masyarakat telah banyak mengalami pahit dan manisnya perjuangan membangun Kota Baubau menuju Baubau yang Maju, Sejahtera dan Berbudaya.

Baca Juga : Puluhan Jemaah Pemenang Grand Prize Umrah Toyota Mulai Diberangkatkan

Politisi PDIP itu menilai, salah satu tantangan terbesar dalam membangun daerah adalah Pandemi Covid-19, yang telah meluluhlantakan berbagai aspek kehidupan dan kini telah memasuki masa pemulihan. Selaras dengan itu, momentum peringatan Hari Jadi Baubau 2022 ini, mengangkat tema ‘Bangkit, Akomodatif dan Kolaborasi (Taposasaangu, Tapohamba-hamba To Yimalapeakana Lipu).

“Tema ini sangat relevan dengan upaya pemulihan ekonomi daerah yang sedang kita upayakan, dan harus kita sadari bersama bahwa perubahan menuju kemajuan, hanya dapat dicapai dengan kolaborasi serta sinergi yang melibatkan berbagai sektor dan seluruh lapisan masyarakat Kota Baubau,” ungkapnya saat Opening Ceremony Haroana Baubau, Selasa (11/10/2022).

Dirinya menjelaskan, mulai tahun 2022 ini pihaknya merekonstruksi model perayaan Hari Jadi Kota Baubau menjadi Haroana Baubau, dengan format kegiatan yang meliputi pesta rakyat dan syukuran selama bulan Oktober ini hingga acara puncak pada 17 Oktober 2022.

“Haroana Baubau merupakan penegasan bahwa Pemkot Baubau selalu berupaya maksimal untuk berpihak pada ekonomi kerakyatan, khususnya melindungi UMKM dengan mengarahkan pembangunan yang pro rakyat dengan semboyan Melayani Tanpa Sekat,” ujarnya.

Baca Juga : Usai Viral Gosok HP Fans ke P*nis saat Konser, Musisi Pamungkas Bakal Tampil di Kendari

Orang nomor satu di Kota Baubau ini pun berharap, pada seluruh rangkaian Haroana Baubau 2022 selama satu bulan ini bisa memberikan vibrasi positif bagi kemajuan Kota Baubau.

“Terkhusus Pekan Kolaborasi UMKM dan Baubau Expo yang berlangsung selama sepekan ini, saya berharap banyak yang dapat dilihat dan diketahui masyarakat. Tentunya juga terjadi transaksi jual beli maupun kerjasama bisnis yang saling menguntungkan, dan berdampak positif bagi peningkatan penanaman modal dan terbukanya peluang usaha. Sekaligus memberikan andil yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Penulis : Ardilan

Facebook : Mediakendari