oleh

Pelajar SMP Dominasi Peserta Paskibraka Upacara HUT RI di Koltim

TIRAWUTA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-73 Tahun, pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk ke dua kalinya mendominasi menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada upacara peringatan detik-detik proklamasi di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), yang bertempat di Lapangan Sepak Bola Nur Latomoro Rate-Rate, Jumat ( 17/8/2018).

Dimana sebelumnya telah sukses membina para pelajar SMP menjadi Paskibraka tahun 2017 lalu, kini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikmudora) Koltim kembali menorehkan kesuksesanya, yang di bimbing langsung oleh Kepala Dinas Dikmudora Surya Adelina Hutapea, yang juga merupakan istri bupati Koltim.

Para anggota Paskibraka ini direkrut dari seluruh SMP yang ada di Koltim dan melalui proses seleksi yang ketat. Selanjutnya mereka mengikuti latihan selama sebulan penuh. Dan pada akhirnya hari ini mereka sukses mengibarkan Bendera Merah Putih.

“Saya sangat berbangga dengan apa yang telah dilakukan oleh anak-anak SMP pada hari, mereka sudah membuktikan kepada masyarakat Koltim bahwa ternyata mereka mampu melaksanakan tugas yang begitu berat, hingga akhirnya sukses mengibarkan bendera merah putih dengan sempurna,” ucap Surya, ditemui usai pelaksanaan upacara.

HUT RI Ke 73
PASKIBRAKA saat akan mengibarkan Bendera Pusaka, (Foto: Jaspin)

Dikatakannya, petugas Paskib untuk kedua kalinya pelajar SMP dipilih. Menurutnya pelajar SMP telah mampu untuk berkopetisi.

Kenapa tidak, tahun 2017 lalu, perekrutan pelajar SMP oleh Dikmudora sebagai Paskibraka sempat menuai polemik, selain itu mental pelajar SMP tentulah berbeda dengan pelajar SMA yang selama ini menjadi Paskibraka di semua daerah di Sultra.

“Inikan sudah pernah menjadi protes dari berbagai kalangan. Tetapi tidak untuk saya, sebab ini merupakan terobosan baru, dan pertama kalinya di Koltim Paskibrakat dari pelajar SMP,” tuturnya.

Sekedar untuk diketahui, yang bertugas pembawa baki bendera adalah Aisya Putri dari AL Muminin asal Kecamatan Ladongi, sementara Danki Paskibraka Bripka Er Titahira (Panit 2 Lantas Polsek Rate-Rate).(a)


Laporan : Jaspin

Terkini