oleh

Pemda Konawe Selatan Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Kades 

-NEWS-279 dibaca

KENDARI, MEDIAKENSARI.COM – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) gelar bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas kepala desa (Kades) terpilih Pilkades serentak tahun 2022 se-kabupaten Konsel disalah satu hotel di Kota Kendari pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengatakan bimbingan seperti ini sangatlah penting pasalnya Kepala desa juga mengelola dana desa dan menjadi garda terdepan dalam memajukan kesejahteraan rakyat.

“Konawe Selatan inikan berbasis pedesaan makanya kepala desa ini kita dorong untuk memiliki kemampuan dan kapasitas dalam memajukan suatu daerah,” jelasnya.

Baca Juga : Kepala BKKBN Sultra Minta Maksimalkan Persiapan dan Pelaksanaan SPIP

Menurutnya, Sumber Daya Alam (SDA) suatu daerah tidak akan cukup untuk memajukan suatu daerah jika daerah tidak memiliki sumber daya manusia yang bisa mengelolanya.

“Kita bersama-sama dengan Kapolres, Kejari untuk tidak henti hentinya memberikan pemahaman kepada mereka apalagi sekarang dengan era pengawasan terbuka oleh masyarakat, jadi kita harus berjalan sesuai dengan regulasi yang ada,” ungkapnya saat diwawancarai.

Oleh karena itu sangat penting kepala desa meningkatkan kapasitas da pemahaman mengenai aturan yang ada dalam pemerintahan.

Baca Juga : Sambut HUT RI,  Inspektorat Sultra Gelar Event Olahraga 

“Bisa saja orang tersandung masalah karena ketidaktahuan, kalau sudah tahu terus dilakukan berarti ada kesengajaan,” tegasnya.

Lebih lanjut Surunuddin mengungkapkan kegiatan ini dalam rangka pencegahan agar pelayanan kepala desa lebih maksimal.

“Makanya kita adakan pelatihan-pelatihan seperti ini,” tutupnya.

 

Reporter: Dila Aidzin