Kendari

Pemda Konsel Raih Penghargaan Peduli HAM Untuk Keempat Kalinya

341
×

Pemda Konsel Raih Penghargaan Peduli HAM Untuk Keempat Kalinya

Sebarkan artikel ini
Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga saat menerima plakat penghargaan dari Menkum HAM RI secara simbolis diwakili Gubernur Sultra, H. Ali Mazi. Foto : Ist

Reporter : Erlin

KENDARI – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) meraih penghargaan Kabupaten Peduli HAM 2020 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) RI.

Penghargaan tersebut telah diterima Pemda Konsel sebanyak empat kali, secara berturut-turut sejak tahun 2017. Ditahun ini, Pemda Konsel mendapatkan penilaian 84.32 point.

Pengumuman penghargaan ini disampaikan langsung Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly dalam peringatan Hari HAM se dunia ke-72 tahun di Jakarta.

Plakat penghargaan tersebut diserahkan Menkum HAM RI secara simbolis diwakili Gubernur Sultra H. Ali Mazi, kepada Bupati Konsel, Surunuddin Dangga usai mengikuti rapat virtual di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Senin, 14 Desember 2020.

Gubernur Sultra Ali Mazi menuturkan, peringatan HAM se dunia ini sebagai wujud penghormatan atas penegakan dan perlindungan HAM dalam kehidupan bermasyarakat.

Atas prestasi yang diraih Bupati Konsel ini, Ali Mazi juga menyampaikan apresiasinya karena telah mengantarkan daerah tersebut sebagai kabupaten peduli penegakan HAM.

“Saya berharap agar kedepan seluruh kabupaten dan kota dapat meraih prestasi yang sama,” kata Ali Mazi.

Sementara itu, Bupati Konsel Surunuddin Dangga menyampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada semua pihak atas sinergitas yang terbangun untuk menjadikan Konsel sebagai daerah yang aman dan ramah.

“Dan juga peduli atas hak kesehatan, pendidikan, pekerjaan, perumahan, kependudukan dan hak atas perempuan dan anak serta lingkungan yang berkelanjutan,” kata Surunuddin Dangga.

Dirinya berharap, raihan ini dapat lebih memacu peningkatan pelayanan yang baik kepada masyarakat dengan terus bahu membahu membangun solidaritas kebangsaan dengan mempererat tali persaudaraan dan semangat anti kekerasan.

“Semoga prestasi ini bisa jadi motivasi bagi kita semua, yang wajib kita pertahankan dan tingkatkan agar di tahun mendatang bisa lebih baik terkhusus pada kepedulian dan peningkatan pelayanan ke masyarakat,” pungkasnya.

Turut mendampingi penyerahan penghargaan ini, Wakil Gubernur Dr Lukman Abunawas dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkunham Sultra, Sofyan, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pujiono dan Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda Konsel Erna Yustiana.

Selain Konsel, dalam peringatan Hari HAM se dunia ke-72, penghargaan sejenis juga diberikan untuk Kabupaten Buton, Buton Selatan, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Konawe Kepulauan, Konawe Utara, Muna Barat dan Wakatobi.

Sementara itu, untuk kategori kabupaten cukup peduli HAM diberikan bagi lima daerah yakni Kabupaten yakni Bombana, Buton Tengah, Buton Utara, Muna dan Kota Bau-Bau. /B

You cannot copy content of this page