KONAWENEWS

Pemkab Konawe Lepas 500 Ton Beras Pengadaan Bulog Untuk Kepulauan Buton

596
×

Pemkab Konawe Lepas 500 Ton Beras Pengadaan Bulog Untuk Kepulauan Buton

Sebarkan artikel ini
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (memegang map) di dampingi Kepala Kantor Perum Bulog Unaaha (kanan), Kabag Humas Sukri Nur, dan Sekda Konawe Ferdinan Sapan. Foto: Hasmar Tombili/Mediakendari.com

Reporter : Hasmar Tombili/Editor: Indi La’awu

UNAAHA– Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe melepas beras pengadaan Bulog hasil petani ke Kepulauan Buton. Pelepasan itu, dalam rangka mendukung stok beras di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk ketahanan pangan dalam menghadapi pandemi covid-19, Selasa 19 Mei 2020  di Gudang Bulog Kelurahan Tuoy.

Bupati Konawe, Kerry Saiful Konggoasa berharap agar beras yang disalurkan oleh Bulog Konawe dapat tiba dengan selamat sampai tujuan, dan dinikmati  masyarakat di Kepulauan Buton dalam menghadapi covid-19.

Ia pun memberikan apresiasi yang setingi-tingginya kepada petani di Konawe untuk terus bekerja dan memproduksi gabah yang berkualitas dan bermanfaat.

“Ini dalam bulan suci ramadan petani-petani kita sudah berbuat untuk kepentingan orang banyak, apa yang dilakukan ini menjadi amal buat keluarga dihari kemudian,” ujar bupati dua periode itu.

Pemda Konawe selalu siap mendukung penyebaran stok beras di wilayah Sultra guna mendukung ketahanan pangan. Sementara di Konawe ketahanan pangan cukup mumpuni untuk hasil pertanian jenis beras.

Kerry merinci dari luas sawah pertanian di Konawe sekira 42.500 Hekta Are (Ha), baru setengah yang dipanen petani. Inilah yang menjadi tolak ukur pemerintah Konawe untuk memenuhi ketahanan pangan di Sultra.

“Total keseluruhan 42.500 hekto are (Ha), baru 28.000 Ha yang melakukan produksi dan menghasilkan beras 86.0000 ton,” beber bupati.

Dikatakannya ada penurunan hasil panen ditingkat petani, hanya dikisaran 5 Ton/Ha, dan bupati pun  berjanji akan melakukan evaluasi  bagaimana mengoptimalkan hasil produksi bisa lebih meningkat dari 5 Ton bisa menjadi 7 ton/Ha.

“Jika  produksi sawah bisa menghasilkan 7 ton dalam per hekta are bisa ada  pemasukkan PAD buat Konawe, kalau dinilaikan dalam rupiah sekitar Rp720 milyar,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perum Bulog Unaaha, Nurhayati Ibrahim membenarkan adanya pelepasan 500 ton untuk Kepulauan Buton dalam rangka memenuhi ketahanan pangan.

“Ia, hari ini ada enam truk yang dilepas oleh pak Bupati berisikan 500 ton untuk Kepulauan Buton,” singkatnya.

Dalam acara pelepasan tersebut, Bupati Konawe Kerry Saiful Konggoasa didampingi oleh Kadis Pertanian Syahruddin, Kasat Pol PP Herianto Wahab, Kabag Humas Sukri Nur,  serta Kasubag Protokoler Pemda Konawe. (B)

You cannot copy content of this page