Pemkot Kendari Dorong Pelaku UMKM Jadi Eksportir

NEWS188 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM: Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa menjadi eksportir.

Gagasan tersebut menjadi focus utama pelatihan pelaku UMKM yang digelar Dinas Perdagangan Koperasi (Disperdakop) dan UMKM bekerjasama dengan Kendari Preneur

Pelatihan ini dilaksanakan bagi pelaku UMKM agar nantinya bisa go global dengan mengakses dan membangun pasar global hingga ke mancanegara.

Sebanyak 90 pelaku UMKM dari produk makanan, minuman serta ragam produk lainnya, mengikuti pelatihan yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Kendari, Rabu 14Desember 2022.

Baca Juga : Gelar HUT ke-1, PDJI Sultra Konsisten Kembangkan Daerah Melalui Jasa Dj

Sekretaris Daerah (Sekda) Kendari, Ridwansyah Taridala dalam sambutannya berharap, pelatihan ini bisa menjadi injeksi positif bagi pelaku UMKM.

Menurutnya, Pemkot Kendari membuka karpet merah bagi investor sesuai tagline ‘Kendari Ramah Investasi’, hal tersebut juga termasuk bagi pelaku UMKM.

“Kita sederhanakan birokrasinya. Tidak ada lagi pengurusan izin, yang penting mereka memiliki kepastian hukum terhadap usaha yang dijalani,” kata Ridwansyah.

Sementara itu, Kepala Disperdakop UMKM Kota Kendari, Alda Kesutan Lapae menuturkan, pelatihan ini merupakan upaya peningkatkan sumber daya manusia pelaku UMKM.

Baca Juga : Dishub Sultra Gelar Penegakan Hukum, Pengendalian dan Pengawasan Angkutan Darat di Kolut

Menurutnya, Pemkot Kendari berkomitmen terus mendorong pelaku UMKM untuk bisa melakukan ekspor. Untuk itu, dirinya mengimbau pelaku UMKM bisa meningkatkan kapasitasnya.

“Ada hal-hal yang harus dilakukan untuk bisa melakukan ekspor. Mudah-mudahan peserta dapat menerima manfaat yang sangat besar,” ujar Alda.

Senada dengan itu, Ketua Kendari Preneur, Hj. Nesty Zuniarty menjelaskan, pelatihan ini digelar agar pelaku UMKM bisa melakukan usaha yang lebih luas lagi.

Menurutnya go global bukan berarti harus keluar negeri, tapi juga agar pelaku UMKM Kota Kendari bisa meluaskan jangkauan pasar di seluruh Indonesia.

“Pelatihan seperti ini sangat perlu untuk meluaskan mindset mereka. Karena prinsip bisnis adalah semakin luas market maka semakin luas omset mereka,” jelas Hj. Nesty Zuniarty.

Baca Juga : Usai Gedung Auditorium Kini Giliran Stadion UHO yang Direnovasi

Dirinya juga mengajak pelaku UMKM, termasuk anak muda di Kota Kendari untuk meningkatkan kreativitas. Sebab, anak muda memiliki potensi besar, serta semangat dan daya juang tinggi.

Sebab, kata Hj. Nesty Zuniarty, pertukaran uang di Kota Kendari cukup luar biasa, yang dibuktikan dengan angka surplus beberapa tahun terakhir.

“Artinya perputaran uang disini itu besar. Kalau kita tidak memanfaatkan ini dengan baik siapa lagi yang akan ambil peran?,” tegas Hj. Nesty Zuniarty.

Ia juga menuturkan, untuk melatih para pelaku UMKM, pihaknya menghadirkan narasumber nasional dengan kualifikasi pengalaman dan jangkauan yang luas.

“Kita ingin apa yang sudah di programkan Pemkot ini tidak sia-sia,” ungkap Hj. Nesty Zuniarty.

Reporter: Dila Aidzin

Facebook : Mediakendari