NEWS

Percepat Vaksinasi Covid 19, Pemda Konsel Sasar Lansia dan Anak Usia 6 – 11 tahun

495
×

Percepat Vaksinasi Covid 19, Pemda Konsel Sasar Lansia dan Anak Usia 6 – 11 tahun

Sebarkan artikel ini
Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST. MM saat memberikan keterangan kepada awak media.

KONAWE SELATAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Selatan (Konsel) akan melanjutkan kegiatan percepatan vaksinasi hingga 60 persen untuk dosis kedua yang saat ini berada diangka 36.49 persen dan 51,1 persen dosis pertama lansia pertanggal 11 Januari 2022.

Selain lansia, Pemda Konsel juga bakal menyasar vaksinasi anak sekolah usia 6 sampai 11 tahun. Yang direncanakan dimulai pada awal Februari mendatang. Berbeda dengan sistem vaksinasi massal usia remaja, dewasa dan lansia. Untuk usia anak direncanakan dilaksanakan di sekolah baik SD, sekaolah satu atap (satap) SMP/MTS maupun pondok pasantren.

Hal itu terungkap, saat rapat pemantapan persiapan imunisasi anak di auditorium lantai III Kantor Bupati yang dipimpin Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST MM yang didampingi Sekkab Ir Drs H Sjarif Sajang M.Si, Kamis 13 Januari 2022.

Turut dihadiri, Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo SIK, Ketua TP PKK Hj Nurlin Surunuddin SH, Wakil PKK Suharni S.Pi M.Pi, Kepala Kemenag Drs H Joko M.Pd dan Perwira Penghubung Letda (Inf) La Ode Suhardin dan Bati Intel Ops Kabupaten Konsel Serka Arjo

Baca Juga : Pelaksanaan Vaksinasi di Kota Baubau Lampaui Target Nasional

“Sukses capai target akhir tahun lalu, kini kita dorong percepatan dosis kedua dan lansia hingga diatas 60 persen. Selanjutnya mulai sasar usia anak 6 – 11 tahun. Kita sinergikan lagi dengan pihak terkait lainnya, seperti Kemenag dan Unsur Forkopimda plus unsur TNI/Polri,”sebut bupati dihadapan peserta rapat terdiri pimpinan OPD, satgas Covid-19, camat dan kepala puskesmas se-Konsel.

Dirinya meminta seluruh pihak bahu membahu dan bertanggung jawab mensukseskan vaksinasi lanjutan dimaksud, dengan target dua Minggu kedepan tuntas

“Kembali solidkan tim kita, khususnya para camat untuk membangun komunikasi dengan baik agar dalam menjalankan tugas lebih maksimum. Data penduduk perdesa yang belum tervaksin, agar sasaran ketahuan saat turun lapangan,”imbuhnya

Komitmen penuh, kerjasama, kerja keras dan kerja ikhlas seluruh komponen serta terbangunnya sinergitas penuh dengan pihak TNI /Polri jadi keinginannya.

“Sehingga sasaran target kita dari 60 persen sampai 100 persen untuk periode ini bisa tercapai 15 hari kedepan,”tandasnya

Terkait vaksinasi/imunisasi anak, ia meminta persiapannya lebih dimantapkan lagi, sehingga awal bulan Februari 2022 ini sudah bisa dilaksanakan dengan baik.

Baca Juga : PDIP Laporkan Oknum ASN ke Polres Kolut

Sementara itu, Kapolres Konsel AKBP Wisnu Wibowo menyatakan komitmennya untuk membangun sinergitas dengan pemda sebab permasalahan penanggulangan wabah Covid-19 melalui vaksinasi jadi perhatian serius Presiden Jokowi dan Kapolri.
“Kami dari pihak kepolisian siap backup dengan mendata dan memobilisasi masyarakat untuk melakukan vaksinasi dan penuhi target sasaran,”tukasnya.

Sebagai tambahan informasi, menjawab keinginan bupati, beberapa hari lalu Wabup Rasyid juga memimpin rapat terkait vaksinasi, khusus vaksinasi anak ia meminta dilakukan sosialisasi terlebih dahulu, agar masyarakat khususnya orang tua murid bisa mengerti dan mau anaknya di Suntik vaksin

“Kita sosialisasikan dulu rencana ini, jadi saya minta pihak terkait menyiapkan materi penjelasannya, nantinya dibagi 5 kelompok untuk 25 Kecamatan dengan jangka tiga hari semua tuntas, selanjutnya kita laksanakan vaksinasi,”imbuhnya

Dalam rapat tersebut, peserta sepakat untuk mengganti istilah vaksinasi jadi Imunisasi anak, hal itu untuk memotivasi kelancaran terlaksananya kegiatan. Selain itu dibutuhkan ketersediaan souvernir bagi anak dan alat peraga edukasi dilokasi kegiatan lomba menggambar dan mewarnai juga jadi pilihan untuk menyemarakkan kegiatan.

Senada dengan Bupati, Wabup juga meminta untuk pemberian penghargaan bagi desa/kelurahan dan kecamatan yang capai 100 persen dosis pertama vaksinasi.

Penulis : Erlin

You cannot copy content of this page