NEWS

PNM Gandeng DPM-PTSP Konsel Edukasi Pelaku UMKM

515
×

PNM Gandeng DPM-PTSP Konsel Edukasi Pelaku UMKM

Sebarkan artikel ini

KONAWE SELATAN – Guna menunjang kelancaran usaha pelaku Usaha Mikro Kecil Menenga (UMKM) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) PT Permodalan Nasional Madani (PNM) menggandeng Dinas Penanaman Modal dan Perisinan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Konsel untuk mengedukasi Pelaku UMKM tentang Pentingnya miliki Nomor Induk Berusaha (NIB) yang diikuti sebanyak 130 Pelaku UMKM dari berbagai jenis usaha yang ada di Konsel di Gedung Islamic Center Andoolo, Rabu 06 Juli 2022.

Kepala DPM-PTSP Konsel, I Putu Darta mengaku mengapresiasi PNM yang telah berkolaborasi dengan pihaknya dalam memberikan pelatihan pengembangan kapasitas usaha di kabupaten konsel.

“Ini juga merupakan salah satu upaya pembinaan terhadap nasabah PNM agar mengenal perizinan usaha sehingga kegiatan usahanya legal dan bisa lebih berkembang,” jelas Putu.

Baca Juga : Bupati Konawe Serahkan Sapi Qurban Presiden RI

Menurut Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ini, sampai saat ini tak sedikit pelaku usaha yang belum memiliki izin usaha. Padahal keberadaan izin usaha ini sangat penting karena dapat menunjang kelancaran usaha mereka.

“Tentunya kami sangat mengapresiasi PNM karena telah mendukung para pelaku UMKM di konsel dengan berkolaborasi memberikan palatihan terkait pentingnya memiliki NIB ini,” ujar Putu.

Kata Putu, selain memberikan penyadaran dan ikut memberikan pendampingan terhadap para pelaku UMKM. PNM juga memberikan pinjaman modal. Hal ini diharapkan bisa lebih meningkatkan kesadaran serta kesejahteraan pelaku UMKM.

Sementara itu, Kepala bidang (Kabid) pengendalian pelaksanaan penanaman modal dan informasi penanaman modal (Dalak), Hamdar sebagai pemateri mengatakan kegiatan pelatihan itu pihaknya memberikan edukasi dengan memberikan pemahaman tentang pentingnya memiliki NIB.  Hal itu tak semata agar usaha yang mereka lakukan dianggap legal tapi juga bisa semakin memperlancar dan mengencangkan usaha mereka.

Baca Juga : Presiden RI Ambil Sapi Qurban untuk Sultra dari Konawe

” Setelah pelaku usaha memiliki NIB kegiatan dan produk usahanya, selanjutnya PNM akan mendorong untuk meningkatkan usahanya,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini pasar untuk menjual berbagai produk cukup luas, termasuk bisa menjual produk secara daring dan bekerja sama dengan aplikasi yang membantu dalam pemasaran dan penjualan produk sehingga peluang bagi pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya lebih terbuka lebar.

“Kami berhrap para peserta bisa mengenal tentang pentingnya memiliki perizinan agar usahanya bisa berjalan lancar dan memberikan keuntungan lebih besar karena usahanya legal,” harapnya.

Penulis : Erlin

You cannot copy content of this page