Rawan Aktivitas Tambang di Sultra, Iwan Fals Beri Pohon Usai Konser di Kendari

NEWS216 dibaca

KENDARI, MEDIAKENDARI.COM – Pertambangan tentu bukan menjadi hal yang asing lagi bagi masyarakat di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). Pasalnya, Sultra memiliki tambang yang sangat banyak mulai dari yang legal hingga ilegal.

Tidak sedikit dari aktivitas tambang itu membuat lahan hutan menjadi gundul dan rusak setelah pengelolaan area tambang selesai.

Yang tentu, hal itu nantinya dapat berpotensi mengalami kerusakan pada lingkungan hingga berimbas pada mayarakat.

Baca Juga : Pemprov Sultra Dukung Program Layanan Keuangan Digital

Usai manggung pada salah satu hotel di Kendari, Kamis malam (25/08/22), penyanyi legenda yang beraliran country itu usai manggung dirinya menyumbangkan satu bibit pohon yang diterima langsung oleh Gubernur Sultra, H Ali Mazi dalam hal ini yang mewakili Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra, Asrun Lio.

Katanya, pemberian pohon usai manggung tersebut merupakan suatu kebiasaan yang ia lakukan di setiap akhir manggung di mana-mana.

“Saya itu sudah jadi tradisi kalau setiap main itu beri pohon,” ujarnya pada Kamis, 25 Agustus 2022.

Lebih lanjut, pemberian pohon itu juga merupakan bagian dari bentuk untuk mengedukasi masyarakat agar dapat melakukan penghijauan atau reboisasi terhadap hutan yang telah ekploitasi.

Baca Juga : Keren!!! Iwan Fals Kenakan Kampurui dari Tenun Buton Saat Manggung di Kendari

Usai ditanya terkait makna pemberian pohon dengan kondisi wilayah Sultra yang dipenuhi tambang, ia mengatakan “Iya, selesaikan,” ucapnya sambil menganggukkan kepala serta tersenyum.

Diketahui, sebelumnya penyanyi senior itu manggung di salah satu hotel di Kota Kendari pada Kamis, 25 Agustus 2022 dengan membawakan 7 lagu ciptaannya dan 1 lagu dari seniornya yakni, Ebiet G Ade yang berjudul Titip rindu buat ayah.

Penampilannya di Kota Kendari itu dalam rangka menghibur para tamu yang mengikuti pelaksanaan program undian nasional tabungan simpeda BPDSI periode 1 tahun XXXIII-2022 yang digelar oleh Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (Asbanda) lewat Bank Sultra usai ditunjuk menjadi tuan rumah.

Reporter : Muhammad Ismail

Facebook : Mediakendari